PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA TENAGA PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN UNIVERSITAS KALTARA

Authors

  • Dedik Wiryawan Fakultas Ekonomi, Universitas Kaltara
  • Adi Aspian Nur Fakultas Ekonomi, Universitas Kaltara
  • Ardi Ramadhan Nur Fakultas Ekonomi, Universitas Kaltara

DOI:

https://doi.org/10.32534/jv.v15i2.1270

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah motivasi kerja dan kompetensi berpengaruh terhadap kinerja tenaga pendidik dan tenaga kependidikan. Hasil penelitian ini adalah, pertama, ditemukan bahwa terdapat hubungan antara motivasi kerja berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja, variabel motivasi kerja lebih terlihat dari rasa aman dengan nilai loading faktor sebesar 0,87 dan terdapat hubungan antara kompetensi berpengaruh positif sangat signifikan terhadap kinerja, variabel kompetensi lebih terlihat dari pengetahuan. Kedua ditemukan bahwa terdapat hubungan antara motivasi kerja berpengaruh positif tapi tidak signifikan terhadap kinerja tenaga kependidikan, variabel motivasi kerja lebih terlihat dari aktualisasi diri dan terdapat hubungan antara kompetensi berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja tenaga kependidikan, variabel kompetensi lebih terlihat dari keterampilan. Ketiga ditemukan bahwa terdapat hubungan antara motivasi kerja berpengaruh positif tapi tidak signifikan terhadap kinerja tenaga pendidik, variabel motivasi kerja lebih terlihat dari rasa aman dan terdapat hubungan antara kompetensi berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja, kompetensi lebih terlihat dari pengetahuan.

Kata kunci :Motivasi, kompetensi, Kinerja, Tenaga Pendidik, Tenaga Kependidikan.

Downloads

Published

2020-09-01

How to Cite

Wiryawan, D., Nur, A. A., & Nur, A. R. (2020). PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA TENAGA PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN UNIVERSITAS KALTARA. Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 15(2), 140–155. https://doi.org/10.32534/jv.v15i2.1270