PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR PLUS RAHMAT KEDIRI

Authors

  • Dwi Oktarina Pratiwi Universitas Islam Kadiri
  • Eka Askafi Universitas Islam Kadiri
  • Imam Baehaki Universitas Islam Kadiri

DOI:

https://doi.org/10.32534/jv.v15i2.1251

Abstract

Guru dalam kegiatan proses pembelajaran di sekolah menempati kedudukan yang sangat penting, yakni sebagai subyek pendidikan yang sangat menentukan keberhasilan pendidikan itu sendiri. Untuk itu, penelitian ini akan menganalisa pengaruh beberapa faktor yang mempengaruhi kinerja guru khususnya pada Sekolah Dasar Plus Rahmat Kediri seperti kepuasan kerja dan budaya organisasi. Sekolah Dasar Plus Rahmat Kediri diambil sebagai objek penelitian karena dipandang sebagai Sekolah Dasar terkemuka di Kediri dengan reputasi yang baik dan merepresentasikan kualitas Sekolah Dasar yang baik di Kota Kediri. Penelitian kuantitatif dengan data primer yang diperoleh dari kuesioner terhadap para guru pada objek penelitian dianalisa dengan menggunakan metode regresi OLS untuk mengetahui pengaruh variabel-variabel bebas terhadap variabel terikat. Hasil analisa terhadap data dimaksud menunjukkan bahwa kepuasan kerja dan budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Plus Rahmat Kediri. Lebih lanjut, kepuasan kerja dan budaya organisasi secara simultan berpengaruh signifikan dengan koefisien determinasi sebesar 33,6% terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Plus Rahmat Kediri.

Kata kunci: kinerja guru, kepuasan kerja, budaya organisasi, Sekolah Dasar Plus Rahmat Kediri

Downloads

Published

2020-08-27

How to Cite

Pratiwi, D. O., Askafi, E., & Baehaki, I. (2020). PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR PLUS RAHMAT KEDIRI. Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 15(2), 124–131. https://doi.org/10.32534/jv.v15i2.1251