ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PUBLIK BIDANG ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI KECAMATAN NUSAHERANG KABUPATEN KUNINGAN

Authors

  • Subhan Subhan Universitas Muhammadiyah Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.32534/jsfk.v14i02.1627

Abstract

Pelayanan Publik merupakan salah satu  peran yang harus dilaksanakan oleh pemerintah, oleh karenanya pemerintah harus terus berusaha meningkatkan kualitas layananya dalam rangka memberikan kepuasan kepada masyarakat.  Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Kualitas Pelayanan Publik  Bidang Administrasi Kependudukan  Di Kecamatan Nusaherang  Kabupaten Kuningan. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Tehnik Analisa data digunakan adalah model interaktif. Hasil Penelitian menunjukan bahwa dimensi-dimensi dalam pelayanan publik yang meliputi : tangible, reliability, responsiveness, assurance dan empathy telah diterapkan di Kecamatan Nusaherang Kabupaten Kuningan sehingga masyarakat merasa puas dalam menerima layanan.

 

Public service is one of the roles that must be carried out by the government, therefore the government must continue to strive to improve the quality of its services to provide satisfaction to the community. This study aims to analyze the quality of public services in the field of population administration in Nusaherang district, Kuningan district. This type of research is qualitative research. The data analysis technique used is an interactive model. The results showed that the dimensions in public services which include: tangible, reliability, responsiveness, assurance, and empathy have been implemented in Nusaherang District, Kuningan Regency so that people feel satisfied in receiving services.

Keywords:

Kualitas Pelayanan Publik, Adminstrasi Kependudukan, Public Service Quality, Population Administration

References

Hardiyabsyah. (2011). Kualitas Pelayanan Publik Konsep, Dimensi, Indikator, dan Implementasinya. Yogyakarta: Gava Media

Mulyadi, Deddy. (2018). Study Kebijakan Publik dan Pelayanan Publik : Konsep dan Aplikasi Proses Kebijakan Publik Berasis Analisis Bukti untuk Pelayanan Publik. Bandung, Alpabeta.

Moleong.,J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif,. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Nurmah, Semil, (2018), Pelayanan Prima Instansi Pemerintah, Jakarta, Prenada Media Group.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor. 17 Tahun 2018 Tentang Kecamatan.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 4 tahun 2010 tentang Pedoman Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan

Peraturan Menteri Penertiban Aparatur Negara (Permenpan) Nomor 14 tentang Survey Kepuasan Masyarakat

Ratminto dan Winarsih. (2012). Manajemen Pelayanan (Pengembangan Model Konseptual, Penerapan Citizens Charter dan Standar Pelayanan Minimal. Yogyakarta. Penerbit Pustaka Pelajar.

Tjiptono, Fandy. (2000). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.

Sugiono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung Alfabeta.

Undang–undang Pelayanan Publik Nomor. 25 Tahun 2009, 2014, Fokusindo Mandiri

Downloads

Published

2021-01-14

How to Cite

Subhan, S. (2021). ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PUBLIK BIDANG ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI KECAMATAN NUSAHERANG KABUPATEN KUNINGAN. SOSFILKOM : Jurnal Sosial, Filsafat Dan Komunikasi, 14(02), 51–59. https://doi.org/10.32534/jsfk.v14i02.1627