PENGARUH KREDIBILITAS KOMUNIKASI CUSTOMER SERVICE TERHADAP CITRA PT. TELEKOMUNIKASI SELULER, TBK

(Studi Pada Grapari Kios Telkomsel Sumber Cirebon)

Authors

  • Hilda Yulitasari
  • Uun Machsunah universitas muhammadiyah cirebon

DOI:

https://doi.org/10.32534/jsfk.v12i01.1449

Keywords:

Kredibilitas, Telkomsel, Grapari

Abstract

Komunikasi  sudah menjadi kebutuhan utama masyarakat. Kehadiran handphone dan kartu seluler semakin memuaskan masyarakat untuk berkomunikasi dari jarak jauh. Sehingga perusahaan Telekomunikasi semakin bersaing ketat untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Seperti PT. Telekomunikasi Seluler Tbk khususnya di GrapariKios Telkomsel Sumber Cirebon, yang berusaha memenuhi kepuasan pelanggan dengan memberi pelayanan terbaik melalui customer service. Tujuan   dari   penelitian   ini   adalah   untuk   mengetahui   adakah   hubungan   kredibilitas komunikasi customer service dengan citra PT. Telkomsel, Tbk dan mengetahui seberapa besar pengaruhnya. Teori yang digunakan adalah teori yang dianggap relevan, dalam penelitian ini adalah Komunikasi Antarpribadi, Efektivitas Komunikasi Antarpribadi, Customer Service, dan Citra Perusahaan. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif korelasional yang berguna untuk menganalisis hubungan antar variabel dengan menggunakan angka. Sedangkan untuk menunjang penelitian ini diperoleh melalui dokumentasi, wawancara, dan kuesioner. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling sistematis.Hasil dari penelitian ini bahwa terdapat korelasi/hubungan antara kredibilitas komunikasi customer service dengan citra PT. Telkomsel sebesar 0,73, yang memiliki makna keeratan sangat kuat. Nilai didapat melalui uji korelasi rank Spearman dengan aplikasi SPSS 14.0. Sedangkan pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 53,29% yang dihitung dengan rumus koefisien determinasi. Artinya citra PT. Telkomsel Tbk, dipengaruhi secara signifikan oleh kredibilitas komunikasi customer service sebesar 53,29%, dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Kesimpulan pada penelitian ini bahwa kredibilitas komunikasi customer service dan citra PT. Telkomsel pada GrapariKios Telkomsel Sumber Cirebon sudah baik dan memenuhi kepuasan pelanggan, namun hal ini perlu ada peningkatan agar pelanggan menjadi loyal dan menarik pelanggan baru. Serta mempertahankan kualitas produk dan pelayanan yang sudah berjalan.

References

Cangara, Hafied.2007. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Darmawan, Deni. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung

Devito, Joseph A. 1997. Human Communication. Jakarta. Profesional Books.

Effendy, Onong Uchyana.2003. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Jakarta. PT. Citra Aditya Bakti.

Jefkins, Frank. 2003. Public Relations.Edisi Kelima. Perevisi Daniel Yadin. Jakarta : Erlangga

Kasali, Rhenald.2003. Manajemen Public Relations dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta. PT. Gravity

Kasmir.2005. Etika Customer Service. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta

Liliweri, Alo.1991. Komunikasi Antar Pribadi. Bandung : Citra Aditya.

Mulyana, Deddy. 2007. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. PT.Remaja Rosda Karya. Bandung.

Mulyana, Deddy . 2011. Ilmu Komunikasi : Suatu Pengantar . PT.Remaja Rosda Karya. Bandung.

Priyatno, Duwi. 2013. Analisis Korelasi, Regresi dan Mulvariate dengan SPSS. Gava Media. Yogyakarta.

Rakhmat, Jalaludin.2004. Psikologi Komunikasi Edisi Revisi. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Rakhmat, Jalaludin. 2005, Psikologi Komunikasi, edisi revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Riduwan, 2012. Pengantar Statistika Sosial. Alfabeta. Bandung

Soemirat, Soleh dan Elvinaro Ardianto, 2004. Dasar-dasar Public Relations, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono dan Wibowo, 2001. Statistika Penelitian. Alfabeta. Bandung.

Sutisna.2001. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Widjadja. 2000. Ilmu Komunikasi Pengantar Studi.Jakarta. PT. Rineka Cipta.

Downloads

Published

2018-06-29

How to Cite

Yulitasari, H., & Machsunah, U. (2018). PENGARUH KREDIBILITAS KOMUNIKASI CUSTOMER SERVICE TERHADAP CITRA PT. TELEKOMUNIKASI SELULER, TBK: (Studi Pada Grapari Kios Telkomsel Sumber Cirebon). SOSFILKOM : Jurnal Sosial, Filsafat Dan Komunikasi, 12(01), 31–40. https://doi.org/10.32534/jsfk.v12i01.1449