EFEKTIFITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM INTERAKSI PERDAGANGAN BATIK DI OBJEK WISATA BELANJA BATIK TRUSMI

Authors

  • Uun Machsunah universitas muhammadiyah cirebon

DOI:

https://doi.org/10.32534/jsfk.v11i01.1436

Abstract

Secara kodrati manusia hidup sebagai makhluk individu sekaligus makhluk sosial. Tujuan dalam tulisan ini dalam kaitannya dengan interaksi antara pedagang dengan pembeli di OWBT. Proses perdagangan batik yang ada di Objek Wisata Belanja Batik Trusmi (OWBT) komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh penjual (pemilik showroom) atau pegawainya dengan pengunjung atau calon pembeli adalah lebih dominan menggunakan bahasa nasional (Indonesia). Hubungan interpersonal yang dilakukan oleh penjual di OWBT terhadap para pembelinya adalah perasaan dihargai (respect), kemampuan penjual menempatkan diri pada situasi (calon) pembeli (emphaty), penjual di OWBT juga berusaha mendengar keinginan dan berusaha mengerti kebutuhan (calon) pembeli (audible), memberikan informasi yang jelas (clarity), dan melayani dengan sikap rendah hati (humble).

Keywords:

Interpersonal, Komunikasi, Trusmi, Batik

References

Casta, dan Taruna. 2007. Batik Cirebon. Cirebon: Badan Komunikasi Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Cirebon.

Effendy, Onong Uchyana. 2008. Dinamika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Effendy, Onong Uchyana. 2000. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hardjana, Agus. M. 2003. Komunikasi Intrapersonal dan Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Hasanudin. 2001. Batik Pesisiran. Bandung: PT Kiblat Utama.

http://archive.kaskus.us/thread/6083039

http://batikcrb.blogspot.com/2009/05/sejarah-batik-trusmi-html

http://ajimahendra.blogspot.com.Mahendra, Aji. 2008. The 5 Inevitable Laws of Effective Communication. Diambil 20 Oktober 2010 dari ajimahendra.blogspot.com.

Mulyana, Deddy. 2008. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy, dan Solatun. 2008. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suranto Aw. 2011. Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Maesaroh, Siti. 2011. Pengunaan Bahasa Nasional dalam Komunikasi Perdagangan Batik di Objek Wisata Belanja Batik Trusmi. Cirebon: Universitas Muhammadiyah Cirebon. Skripsi tidak dipublikasikan.

Downloads

Published

2017-06-27

How to Cite

Machsunah, U. (2017). EFEKTIFITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM INTERAKSI PERDAGANGAN BATIK DI OBJEK WISATA BELANJA BATIK TRUSMI. SOSFILKOM : Jurnal Sosial, Filsafat Dan Komunikasi, 11(01), 65–72. https://doi.org/10.32534/jsfk.v11i01.1436