POSITIONING RADIO NUANSA CIREBON SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI DI ERA DIGITALISASI
DOI:
https://doi.org/10.32534/jsfk.v12i01.1446Abstract
Radio Nuansa Cirebon adalah radio yang masih tetap bertahan di era digitalisasi. Saat ini orang sudah beralih dalam menggunakan media komunikasi massa. Akan tetapi Radio Nuansa Cirebon tetap eksis sampai sekarang ini karena positioning yang tepat dalam melakukan program siarannya salahsatunya memutar siaran khusus untuk anak muda usia 15-35 tahun. Selain itu Radio Nuansa Cirebon memanfaatkan sosial media dalam mempromosikan siarannya. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan melakukan wawancara mendalam terhadap manajemen di Radio Nuansa Cirebon. Hasil penlitian menunjukkan bahwa Radio Nuansa Cirebon dapat bertahan sampai sekarang ini dikarenakan kejelian dalam melakukan segmentasi, pemilihan target pasar dan melakukan positioning.
Keywords:
Radio, Cirebon, PositioningReferences
Badan Pusat Statistik Kabupaten Cirebon. 2014. Data Penduduk Kabupaten Cirebon. Diunduh tanggal 10 Maret 2018 (https://cirebonkab.bps.go.id/statictabl e/2017/05/01/7/banyaknya-penduduk- menurut-kelompok-umur-dan-jenis- kelamin-tahun-2015.html)
Kriyantono, Rachmat. 2014. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta : Kencana.
Lattimore, D, Otis B, Suzette, Elizabeth. 2010. Public Relations Profesi dan Praktik. Salemba Humanika : Jakarta.
Machfoedz, Mahmud. 2010. Komunikasi Pemasaran Modern. Yogyakarta : Cakra Ilmu.
Morissan. 2014. Periklanan : Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta : Kencana
----------. 2015. Manajemen Media Penyiaran : Strategi Mengelola Radio & Televisi. Jakarta : Kecana
Reagan, M Ronald dan Yeni Rosilawati. 2009. Strategi Potitioning Slank dalam Menanamkan Citra Sebagai Salah Satu Grup Band di Indonesia. Jurnal Ilmu Komunikasi Volume 6 Nomor 1 : 87-118.