ANALISIS PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN WHATSAPP GROUP PADA MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Rifa’i Al Ayubi Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Noor Novianawati Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Zakiyyah Zakiyyah Universitas Muhammadiyah Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.32534/joise.v1i1.4667

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi selama pelaksanaan pembelajaran daring berlangsung. Sampel penelitian ini adalah SMPN 2 Arjawinangun dan SMP Muhammadiyah 2 Cirebon. Observasi, wawancara, dan dokumentasi merupakan instrumen penelitian ini. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, pengambilan sampel random sample jenis cluster random sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permasalahan yang dihadapi disebabkan oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal yaitu; motivasi dan minat peserta didik; dan pengetahuan peserta didik tentang pembelajaran daring. Adapun faktor eksternal yaitu; perangkat pendukung; dukungan lingkungan keluarga; dan dukungan dari lingkungan sekolah.

Keywords:

Analisis, Pembelajaran Daring, WhatsApp Group, Pandemi Covid-19

Downloads

Published

2023-12-29

How to Cite

Ayubi, R. A., Novianawati, N. ., & Zakiyyah, Z. (2023). ANALISIS PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN WHATSAPP GROUP PADA MASA PANDEMI COVID-19. JoISE : Journal of Integrated Science Education, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.32534/joise.v1i1.4667

Issue

Section

Articles