ANALISIS BUTIR SOAL PADA BAHAN AJAR IPA KELAS VII MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN DITINJAU DARI DOMAIN KOGNITIF TAKSONOMI BLOOM

Authors

  • Rosdianah Rosdianah Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Zakiyyah Zakiyyah Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Nurwanti Fatnah Universitas Muhammadiyah Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.32534/joise.v1i1.4666

Abstract

Penelitian ini berdasarkan fakta hasil analisis yang dilakukan oleh peneliti, didapatkan bahwa guru memerlukan instrument penilaian dalam bentuk modul, buku atau kumpulan soal-soal, yang sudah sesuai dengan standar C1-C6 berdasarkan tingkatan sekolah menengah pertama. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif. Menggunakan sumber Buku IPA Terpadu dari Erlangga dan Yudhistira kelas VII materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan. Hasil penelitian pertama membahas tentang kesesuaian soal terhadap KI dan KD dan didapatkan hasil bahwa sebagian besar soal-soal yang ada pada buku IPA Terpadu Erlangga dan Yudhistira termasuk ke dalam kompetensi Inti, karena sebagian besar dari soal-soal tersebut membahasa pengetahuan konseptual, yaitu, pengertian, ciri-ciri, contoh. Hasil analisis kedua sesuai dengan karakteristik taksonomi bloom didapatkan hasil bahwa lebih banyak membahas soal kategori C1 (mengingat) dan pada Buku Yudhistira didapatkan hasil bahwa lebih banyak membahas soal kategori C1 (mengingat) dan C2 (memahami).

Keywords:

Bahan Ajar, Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar, Taksonomi Bloom

Downloads

Published

2023-12-29

How to Cite

Rosdianah, R., Zakiyyah, Z., & Fatnah, N. (2023). ANALISIS BUTIR SOAL PADA BAHAN AJAR IPA KELAS VII MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN DITINJAU DARI DOMAIN KOGNITIF TAKSONOMI BLOOM. JoISE : Journal of Integrated Science Education, 1(1), 32–36. https://doi.org/10.32534/joise.v1i1.4666

Issue

Section

Articles