SELF DIRECTED LEARNING BERBASIS LITERASI DIGITAL PADA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Kurniati Fauziah Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Norma Bastian Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Zakiyyah Zakiyyah Universitas Muhammadiyah Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.32534/joise.v1i1.4665

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas 1) untuk mengetahui efektivitas SDL berbasis literasi digital terhadap pembelajaran IPA. 2) untuk mengetahui apakah SDL berbasis literasi digital mampu menguatkan pemahaman konsep dalam pembelajaran IPA pada saat pandemi covid-19 di SMPN 2 Sumber. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif-kualitatif dengan teknik analisis deskriptif. Analisis data hasil penelitian diperoleh dari proses mencari dan menyusun data secara sistematis, data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dokumentasi dan pengumpulan data lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) penerapan SDL berbasis literasi digital kurang efektif akibat adanya beberapa faktor yang ditemukan selama proses penelitian berlangsung. 2) Pembelajaran SDL berbasis literasi digital tidak mampu menguatkan pemahaman konsep pembelajaran IPA siswa kelas IX di SMPN 2 sumber karena ada faktor penghambat yang cukup berarti.

Keywords:

Self Directed Learning, literasi digital, pemahaman konsep IPA

Downloads

Published

2023-12-29

How to Cite

Fauziah, K., Bastian, N., & Zakiyyah, Z. (2023). SELF DIRECTED LEARNING BERBASIS LITERASI DIGITAL PADA PANDEMI COVID-19. JoISE : Journal of Integrated Science Education, 1(1), 26–31. https://doi.org/10.32534/joise.v1i1.4665

Issue

Section

Articles