PENGGUNAAN APLIKASI EDPUZZLE GUNA MEREDUKSI TINGKAT KEJENUHAN BELAJAR SISWA KELAS VIII
DOI:
https://doi.org/10.32534/joise.v1i1.4664Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mereduksi tingkat kejenuhan belajar siswa kelas VIII di MTSN 10 Cirebon, akibat adanya pembelajaran jarak jauh karena penyebaran COVID-19 yang semakin meluas, banyak peserta didik yang sulit memahami materi yang dijelaskan guru pada saat pelajaran berlangsung. Hingga satu tahun lebih pembelajaran daring dilakukan membuat siswa merasa bosan dan jenuh menghadapi masa sekolah yang tidak menyenangkan. Banyak guru yang tidak memahami pembelajaran inovatif. Maka penggunaan media pembelajaran berupa aplikasi Edpuzzle adalah alternatifnya, di mana Edpuzzle merupakan media pembelajaran yang interaktif anatar peserta didik dan gurunya. Berdasarkan hasil dari penelitian jenus kuantitatif bermetode eksperimen dengan desain Quasi Eksperimental Design bentuk Nonequivalen control design anatar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Diperoleh berdasarkan hasil penelitian dapat dilihat dari uji N- Gain kelas eksperimen sebesar 62,799 kategori sedang dan N-Gain kelas kontrol sebesar 61,8697 dengan kategori sedang. Berdasarkan uji hipotesis untuk memperkuat hasil penelitian yaitu kelas eskperimen memiliki Asymp Sig lebih kecil < dari 0,05 maka hipotesis diterima. Dengan keterangan bahwa penggunaan aplikasi Edpuzzle berjalan efektif dalam upaya menurunkan tingkat kejenuhan belajar peserta didikn pada mata pelajaran IPA kelas VIII di MTs Negeri 10 Cirebon.