ANALISIS SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) IPA KELAS VIII DITINJAU DARI HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) SEBAGAI TRANSFER OF KNOWLEDGE

Authors

  • Deva Anggita Pela Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Noor Novianawati Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Rinto Rinto Universitas Muhammadiyah Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.32534/joise.v1i1.4654

Abstract

Penelitian ini di lakukan dengan tujuan untuk mengetahui ketersesuaian soal Penilaian Akhir Semester dengan ranah kognitif, ranah afektif, ranah psikomotor. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Sampel yang digunakan yaitu Soal Penilaian Akhir Semester IPA kelas VIII tahun pelajaran 2020/2021 di MTs Negeri sekabupaten Cirebon yang berjumlah 12 MTs. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar klasifikasi yang berisi kata kerja operasional ranah kognitif, ranah afektif, dan ranah psikomotor. Berdasarkan hasil penelitian ini, pada ranah kognitif hanya mencakup satu kategori HOTS yaitu C4 ( menganalisis). Pada ranah afektif mencakup tiga kategori yaitu A2 (merespon), A3 (menghargai), dan A5 (karakterisasi menurut nilai). Pada ranah psikomotor mencakup tiga kategori yaitu P1 (meniru), P2 (manipulasi), dan P3 (presisi). Hal ini menunjukkan bahwa soal-soal tersebut sesuai dengan ranah kognitif, ranah afektif, dan ranah psikomotor.

Keywords:

HOTS, Ranah Kognitif, Ranah Afektif, Ranah Psikomotor

Downloads

Published

2023-12-29

How to Cite

Pela, D. A., Novianawati, N., & Rinto, R. (2023). ANALISIS SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) IPA KELAS VIII DITINJAU DARI HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) SEBAGAI TRANSFER OF KNOWLEDGE. JoISE : Journal of Integrated Science Education, 1(1), 21–25. https://doi.org/10.32534/joise.v1i1.4654

Issue

Section

Articles