PENGEMBANGAN MODUL KIMIA BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI MINYAK BUMI

Authors

  • Arief Kurniawan

DOI:

https://doi.org/10.32534/jre.v8i2.1365

Abstract

Pembelajaran kimia di SMA masih berpusat pada guru sehingga mengakibatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik masih kurang diperhatikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui kelayakan modul kimia berbasis proyek pada materi minyak bumi berdasarkan aspek kelayakan isi, penyajian, dan kebahasaan, dan (2) mengetahui keefektifan modul kimia berbasis proyek dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi minyak bumi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI IPA 6 SMA Negeri 1 Jamblang pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Metode penelitian ini adalah metode campuran (mixed methods). Modul divalidasi oleh validator ahli yang terdiri dari dosen ahli dan guru. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi modul dan tes. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa (1) penilaian validator ahli terhadap modul kimia berbasis proyek pada aspek kelayakan isi sebesar 86,67 % dengan kriteria sangat layak, aspek penyajian sebesar 89,40 % dengan kriteria sangat layak, dan aspek kebahasaan sebesar 95,19 % dengan kriteria sangat layak, dan (2) modul kimia berbasis proyek pada materi minyak bumi cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan nilai N-Gain sebesar 0,30 termasuk kriteria sedang. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan modul kimia berbasis proyek pada materi minyak bumi cukup efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.

Downloads

Published

2020-09-30

How to Cite

Kurniawan, A. (2020). PENGEMBANGAN MODUL KIMIA BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI MINYAK BUMI. Jurnal Redox, 8(2), 1–10. https://doi.org/10.32534/jre.v8i2.1365