PENGGUNAAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN LARUTAN NONELEKTROLIT
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan macromedia flash dan untuk mengetahui adanya peningkatan pemahaman konsep siswa pada materi larutan elektrolit dan larutan nonelektrolit di kelas X MA Annur Setupatok menggunakan metode eksperimen yang dibantu macromedia flash CS4. Desain penelitian ini adalah Control Group Pretest – Posttest. Penelitian ini menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol, dimana kelas eksperimen menggunakan macromedia flash CS4 dan kelas kontrol tanpa menggunakan macromedia flash CS4. Hasil yang didapat oleh kelas eksperimen dan kontrol. N – Gain yang didapat oleh kelas eksperimen adalah 0,66 (kategori sedang) sedangkan kelas kontrol 0,49 (kategori sedang). Terdapat perbedaan peningkatan pemahaman konsep siswa setelah diuji dengan uji mann whitney yang menunjukkan sig.0,000 < 0,05.
