PENGGUNAAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN LARUTAN NONELEKTROLIT

Authors

  • Dewi Nurdiyanti

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan macromedia flash dan untuk mengetahui adanya peningkatan pemahaman konsep siswa pada materi larutan elektrolit dan larutan nonelektrolit di kelas X MA Annur Setupatok menggunakan metode eksperimen yang dibantu macromedia flash CS4. Desain penelitian ini adalah Control Group Pretest – Posttest. Penelitian ini menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol, dimana kelas eksperimen menggunakan macromedia flash CS4 dan kelas kontrol tanpa menggunakan macromedia flash CS4. Hasil yang didapat oleh kelas eksperimen dan kontrol. N – Gain yang didapat oleh kelas eksperimen adalah 0,66 (kategori sedang) sedangkan kelas kontrol 0,49 (kategori sedang). Terdapat perbedaan peningkatan pemahaman konsep siswa setelah diuji dengan uji mann whitney yang menunjukkan sig.0,000 < 0,05.

 

Published

2020-08-10

How to Cite

PENGGUNAAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN LARUTAN NONELEKTROLIT. (2020). Jurnal Redox, 3(2). https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JRE/article/view/1260

Most read articles by the same author(s)