IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA (BERNALAR KRITIS) MELALUI PEMBELAJARAN EKSPLORASI SAINS

Authors

DOI:

https://doi.org/10.32534/jjb.v11i2.4636

Keywords:

profil pelajar pancasila, bernalar kritis, eksplorasi

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk melihat bernalar kritis siswa dalam pembelajaran eksplorasi sains kurikulum merdeka untuk mengedepankan minat dan bakat siswa, dan didalamnya terdapat Profil Pelajar Pancasila sebagai visi dan misi dunia Pendidikan yang baru, meliputi beberapa aspek penting yaitu, beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis, kreatif. Kemampuan bernalar kritis merupakan pokok penting bagi setiap anak untuk menjelajahi dunia dan mulai mempelajarinya, maka dari itu peneliti melakukan penelitian. Peneliti menggunakan motode kualitatif dengan desains penelitian kualitatif deskriptif, dengan melakukan kegiatan observasi sekolah terlebih dahulu, wawancara dengan beberapa guru, dan melakukan study literatur/ mencari data-data mengenai penelitian sebelumnya, dan mencari informasi terkait sekolah sebagai tempat penelitian. Kegiatan eksplorasi sains yang di terapkan ada enam terdiri dari, balon mengembang tanpa ditiup, pencampuran warna, jembatan warna, pompa air sederhana, membuat gelembung, hingga mempelajari benda-benda yang terapung, tenggelam, dan melayang, yang dilakukan selama dua minggu. Beberapa kegiatan diatas dilakukan secara bertahap. Berdasarkan penelitian yang dilakukan menggunakan pembelajaran eksplorasi sains, kemampuan bernalar kritis anak dapat dikatakan berhasil, yang dilihat dari indeks prestasi mereka, dalam memahami instruksi, menjawab pertanyaan, memberikan pertanyaan, hingga mengantusias membantu teman yang kesusahan, mengambil inisiatif untuk merapikan tanpa diberikan perintah dan melaksanakan tugas dari guru dengan sangat baik.

Downloads

Published

15-08-2023

How to Cite

IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA (BERNALAR KRITIS) MELALUI PEMBELAJARAN EKSPLORASI SAINS. (2023). Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 11(2). https://doi.org/10.32534/jjb.v11i2.4636

Most read articles by the same author(s)