EFEKTIVITAS INTERVENSI UNTUK MENGURANGI KECANDUAN SMARTPHONE PADA ANAK USIA DINI

Authors

DOI:

https://doi.org/10.32534/jjb.v10i1.3890

Keywords:

intervensi, kecanduan smartphone, anak usia dini

Abstract

Kecanduan smartphone anak usia dini merupakan masalah yang selalu menjadi topik bahasan para orang tua. Orangtua merasakan bahwa anak nya telah kecanduan atau terlalu banyak menghabiskan waktu dengan gawai nya. Penelitian ini bertujuan untuk mencari intervensi apa yang tepat untuk masalah para orang tua tersebut. Penelitian ini menggunakan studi literature, menganalisis sebanyak 29 artikel jurnal dari luar negeri, dan 10 artikel dari jurnal nasional. Artikel tersebut di analisis, dan di tarik kesimpulannya, dengan menggunakan meta analisis. Hasil nya adalah berbagai intervensi dapat dilakukan oleh orang tua, namun perlu adanya pertimbangan dari karakteristik anak, lingkungan sosial budaya dan pola asuh yang diterapkan oleh orang tua. Namun dari berbagai intervensi yang di sarankan tersebut, secara umum bahwa intervensi dengan mengurangi jam interaksi dengan smartphone, menggunakan aplikasi parental controling adalah upaya konkret yang secara umum dapat dilakukan. Rekomendasi dari penelitian ini adalah para orang tua perlu terus melakukan pengawasan dan komunikasi terbuka serta menyediakan aktivitas berbasis lingkungan yang menarik dan menyenangkan.

Author Biography

  • Irfan Fauzi Rachmat, Universitas Muhammadiyah Cirebon

    Program Studi pg paud Umc

References

Afriliansyah, T., Yusuf, S., Susanti, S., & Mayzuhra, M. (2018).Penyuluhan Dampak Penggunaan Internet, Sosial Media Dan Game Online Terhadap Anak Usia Dini Di Desa Hagu Teungah Kecamatan Banda Sakti Kota Lhokseumawe. Rambideun: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 26-29.

Alia, T., & Irwansyah, I. (2018).Pendampingan orang tua pada anak usia dini dalam penggunaan teknologi digital [parent mentoring of young children in the use of digital technology]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 14(1), 65-78.

Ayuswari, s. K. (2021).Perlindungan Hukum Bagi Anak Pelaku Tindak Pidana Akibat Kecanduan Permainan Elektronik (Game Online) Menurut Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Sultan Agung Semarang).

Bunga Alamiah, D. (2020). Pengaruh Terapi Perilaku Kognitif (Cognitive Behavioral Therapy) terhadap Tingkat Kecanduan Gadget pada Anak Sekolah Dasar di Mekarsari Kalibeber Mojotengah Wonosobo (Doctoral dissertation, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang).

Casale, S., Fioravanti, G., Benucci, S. B., Falone, A., Ricca, V., & Rotella, F. (2022).A meta-analysis on the association between self-esteem and problematic smartphone use. Computers in Human Behavior, 107302.

Chang, F. C., Chiu, C. H., Chen, P. H., Chiang, J. T., Miao, N. F., Chuang, H. Y., & Liu, S. (2019).Children's use of mobile devices, smartphone addiction and parental mediation in Taiwan. Computers in Human Behavior, 93, 25-32. https://doi.org/10.1016/j.chb.2018.11.048

Firdaus, W., & Marsudi, M. S. (2021).Konseling remaja yang kecanduan gadget melalui terapi kognitif behavior. Studia: Jurnal Hasil Penelitian Mahasiswa, 6(1), 15-24.

Jalal, N. M., Syam, R., Irdianti, I., & Piara, M. (2022).Psikoedukasi Mengatasi Kecanduan Gadget pada Anak. PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 420-426.

Kanan, N., Arokiasamy, L., & bin Ismail, M. R. (2018).A study on parenting styles and parental attachment in overcoming internet addiction among children. In SHS Web of Conferences (Vol. 56, p. 02002). EDP Sciences.

Kardefelt-Winther, D. (2014). A conceptual and methodological critique of internet addiction research: Towards a model of compensatory internet use. Computers in Human Behavior, 31, 351-354.

Kim, S. H., & Kim, Y. J. (2015). The Effects of Smartphone Addiction Education Program for Elementary School Students. Journal of Korean Society of Early Childhood Education, 35(1), 309-330.

Ko, M., Choi, S., Yang, S., Lee, J., & Lee, U. (2015, September).FamiLync: facilitating participatory parental mediation of adolescents' smartphone use. In Proceedings of the 2015 ACM International Joint Conference on Pervasive and Ubiquitous Computing (pp. 867-878).

Koo, H. Y. (2012).Effects of a cell phone use education program on knowledge, attitude, self-efficacy, and self-control of cell phone use in elementary school students. Child Health Nursing Research, 18(3), 109-118.

Kuss, D. J., Kanjo, E., Crook-Rumsey, M., Kibowski, F., Wang, G. Y., & Sumich, A. (2018).Problematic mobile phone use and addiction across generations: The roles of psychopathological symptoms and smartphone use. Journal of technology in behavioral science, 3, 141-149.

Lan, Y., Ding, J. E., Li, W., Li, J., Zhang, Y., Liu, M., & Fu, H. (2018).A pilot study of a group mindfulness-based cognitive-behavioral intervention for smartphone addiction among university students. Journal of Behavioral Addictions, 7(4), 1171-1176.

Lapierre, M. A., Zhao, P., & Custer, B. E. (2019).Short-term longitudinal relationships between smartphone use/dependency and psychological well-being among late adolescents. Journal of Adolescent Health, 65(5), 607-612.

Lee, E. J., & Ogbolu, Y. (2018).Does parental control work with smartphone addiction?: A cross-sectional study of children in South Korea. Journal of addictions nursing, 29(2), 128-138.

Lee, Y. K., Chang, C. T., Lin, Y., & Cheng, Z. H. (2014). The dark side of smartphone usage: Psychological traits, compulsive behavior and technostress. Computers in Human Behavior, 31, 373-383.

Maromi, T. K. (2018).Pengaruh Terapi Bermain Game Edukatif Berbasis Smartphone terhadap Penurunan Regresi pada Anak Usia Prasekolah (4-6 Tahun) yang Menjalani Hospitalisasi Di RSUD Kanjuruhan Kepanjen Malang (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).

Munir, A. (2018). Teknik Modelling sebagai upaya penanganan untuk mengurangi perilaku Adiktif Smartphone pada anak di Kelurahan Teritip Kota Balikpapan (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Nurhaini, D., & Herawati, N. (2023).Pengaruh Terapi Bermain pada Kemampuan Motorik Kasar Balita Kecanduan Ponsel. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 4(1), 179-189.

Odac?, H., & Ç?kr?kci, Ö. (2018). Problematic smartphone use, loneliness and dating anxiety among young adult university students. Journal of Behavioral Addictions, 7(3), 665-672.

Park, C., & Park, Y. R. (2014).The conceptual model on smart phone addiction among early childhood. International Journal of Social Science and Humanity, 4(2), 147.

Rosy, L. R. (2021). Penerapan terapi Visual Art dengan animasi islami untuk mengurangi ketergantungan Gawai pada seorang anak di Desa Papar-Kediri (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Tang, A. C. Y., & Lee, R. L. T. (2021).Effects of a group mindfulness-based cognitive programme on smartphone addictive symptoms and resilience among adolescents: study protocol of a cluster-randomized controlled trial. BMC nursing, 20(1), 86.

Wang, C. W., Ho, R. T. H., Chan, C. L. W., & Tse, S. (2015). Exploring personality characteristics of Chinese adolescents with internet-related addictive behaviors: Trait differences for gaming addiction and social networking addiction. Addictive Behaviors, 42, 32-35.

Wei, R. (2012). Motivations for using the mobile phone for mass communications and entertainment. Telematics and Informatics, 29(3), 236-245.

Widyanto, L., & McMurran, M. (2014). The psychometric properties of the internet addiction test. Cyberpsychology, Behavior, and Social Networking, 17(10), 720-728.

Yoo, Y. G., Yu, B., & Lee, M. J. (2019).The effect of Mind Subtraction Meditation on smartphone addiction in school children. Global Journal of Health Science, 11, 19-28.

Downloads

Published

25-04-2023

How to Cite

EFEKTIVITAS INTERVENSI UNTUK MENGURANGI KECANDUAN SMARTPHONE PADA ANAK USIA DINI. (2023). Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 10(1), 23-48. https://doi.org/10.32534/jjb.v10i1.3890

Most read articles by the same author(s)