IMPLEMENTASI KARAKTER DISIPLIN ANAK USIA DINI MELALUI PENDEKATAN 9 PILAR KARAKTER DALAM PILAR 2 DISIPLIN MANDIRI DAN TANGGUNG JAWAB
DOI:
https://doi.org/10.32534/jjb.v6i2.1357Keywords:
Karakter, disiplin, pilar karakterAbstract
Penanaman karakter disiplinperlu dilatih sejak usia dini. Berdasarkan hasil observasi bahwa masih adanya anak usia 5-6 tahun belum disiplin saat makan dan minum, bercanda saat belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan karakter disiplin pada anak usia 5-6 tahun TK Darul ‘Amal Tonjong Kecamatan Waluran. Metode penelitian ini adalah deskriptif dan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Objek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, peserta didik dan ortang tua peserta didik. Hasil analisis data menunjukkan karakter disiplin pada peserta didik TK Darul ’Amal Tonjong Kecamatan Waluran efektif dilakukan sebagaimana cara guru menerapkan pendidikan karakter disiplin pada peserta didik melalui RPPH (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian) dengan melalui pendekatan sembilan pilar karakter dan pembiasaan yang dilakukan secara berulang-ulang dan cara guru membiasakan perilaku disiplin pada peserta didik dengan cara melakukan berbaris sebelum masuk kelas, mengisi daftar hadir, berdo’a sebelum dan sesudah melakukan kegiatan dan merapihkan kembali alat tulis atau mainan yang telah digunakan, perubahan yang nampak pada Peserta didik setelah menerapkan pilar dua yakni peseta didik yang asalnya tidak disiplin seperti makan, minum sambil berdiri menjadi disiplin makan dan minum sambil duduk, yang bercanda saat belajar, menjadi menaati aturan.
