PENINGKATAN PARTISIPASI ORANG TUA MELALUI KOMUNIKASI SEKOLAH DI PAUD

Authors

  • Huda Wardah Institut Agama Islam Tasikmalaya
  • Ira Anggraeni Institut Agama Islam Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.32534/jjb.v13i2.7508

Keywords:

partisipasi orang tua, pendidikan anak usia dini, komunikasi sekolah, keterlibatan orang tua, kolaborasi pendidikan.

Abstract

Partisipasi orang tua dalam pendidikan anak usia dini memiliki peran penting dalam mendukung perkembangan anak, baik dari aspek kognitif, sosial, maupun emosional. Namun, masih banyak orang tua yang belum terlibat secara aktif dalam kegiatan pembelajaran anak di lingkungan PAUD. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi orang tua melalui program komunikasi yang terstruktur antara sekolah dan orang tua. Penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kualitatif, yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah orang tua peserta didik di salah satu lembaga PAUD di Kabupaten Tasikmalaya. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Program Komunikasi Sekolah Orang Tua mampu meningkatkan partisipasi orang tua secara nyata dalam proses pendidikan, khususnya di kelas. Bentuk partisipasi mencakup kehadiran dalam kegiatan pembelajaran, komunikasi dua arah dengan guru, dan keterlibatan dalam kegiatan anak. Kesimpulannya, komunikasi yang terstruktur dan berkesinambungan antara sekolah dan orang tua sangat efektif dalam meningkatkan kolaborasi pendidikan, yang berdampak positif pada perkembangan anak usia dini.

 

Author Biographies

  • Huda Wardah, Institut Agama Islam Tasikmalaya

    Institut Agama Islam Tasikmalaya

  • Ira Anggraeni, Institut Agama Islam Tasikmalaya

    Institut Agama Islam Tasikmalaya

References

Ahmadi, M., and T. T. Gunarti. 2023. “Strategi Komunikasi Partisipatif Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan Karakter Anak Usia Dini.” … Pendidikan Islam Anak Usia Dini.

Alfaregi, I. S., S. Hartati, and Z. Akbar. 2024. “Keterampilan Sosial Keterampilan Sosial Sebagai Mediator Keterlibatan Kognitif Anak Usia Dini.” … Anak Usia Dini.

Anisah, L., C. M. T. Safitri, and H. S. Kusuma. 2023. “Kepuasan Pernikahan Dan Conflict Resolution Pada Pasangan Long Distance Marriage.” Journal on Education.

Awlawi, A. H. 2024. “Urgensi Layanan Konseling Untuk Anak Usia Dini: Dalam Mengidentifikasi Kebutuhan Kesehatan Mental Pada Anak Usia Dini.” … : Journal of Multidisciplinary Educational ….

Belvar, A. N., and H. Hindun. 2024. “Peran Orang Tua/Wali Murid SDN Pondok Pinang 01 Pagi Dalam Implementasi Kurikulum 2013.” Jurnal Pendidikan Dan ….

Fatonah, N. 2022. Peran Orangtua Dalam Literasi Anak. books.google.com.

Fauziyyah, F., and A. Lestariningrum. 2024. “Implementasi Keterlibatan Orang Tua Dalam Proses Pembelajaran Di TKIT RAUDHATUL JANNAH Cilegon Banten.” Efektor.

Fitriani, F., N. Kurniati, D. Yusuf, and ... 2024. “Peran Orangtua Dalam Memahami Pendidikan Inklusi Di Tk Negeri Pembina Batumandi.” … : Jurnal Ilmu Pendidikan ….

Henderson, A. T., and K. L. Mapp. 2002. “A New Wave of Evidence: The Impact of School; Family;, and Community Connections on Student Achievement.”

Hidayat, P. 2023. “Analisis Tingkat Keterlibatan Orang Tua Dalam Program PAUD Dan Hubungannya Dengan Kemajuan Belajar Anak.” … : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini.

Irwan, I., N. Nuryani, and M. Masruddin. 2023. “Kolaborasi Sekolah Dengan Orang Tua Dalam Meningkatkan Proses Belajar Peserta Didik.” Kelola: Journal of Islamic Education Management.

Jofipasi, R. A., J. Efendi, and R. Asri. 2023. “Membangun Kesadaran Orang Tua Terhadap Keberagaman Dalam Pendidikan Inklusi Pada Anak Usia Dini.” Journal of Special Education ….

Listari, M., I. Tabroni, and E. Nurjanah. 2022. “Kerjasama Orang Tua Dan Guru Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Di UPTD SDN 1 Campakasari.” EL Bidayah: Journal of ….

Mistiani, W. 2024. “PARENTING DIGITAL: CARA CERDAS MEMBIMBING ANAK DALAM DUNIA TEKNOLOGI.” Ana’Bulava: Jurnal Pendidikan Anak.

Neneng, N., S. Qomariyah, N. J. Rizki, and ... 2024. “Implementasi Supervisi Manajerial Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Paud Almanshuriyah Kota Sukabumi.” … Pendidikan Anak ….

Purwaningrum, R., N. Surur, and ... 2023. “Harmonisasi Hubungan Guru Bimbingan Dan Konseling Dengan Orang Tua Melalui Strategi Kolaborasi: Systematic Literature Review.” … Journal of Guidance and ….

Rahayu, S. A., D. N. Qomariah, and ... 2023. “Inisiatif Keterlibatan Orangtua Dalam Pendidikan Anak: Konteks Pola Asuh.” … Anak Usia Dini.

Rahmat, U., A. Hufad, J. S. Ardiwinata, and B. Robandi. 2023. “Partisipasi Masyarakat Dalam Layanan Anak Usia Dini Holistik-Integratif Di Tk Al-Mukhlis Garut.” Jurnal Ilmiah Potensia.

Rahmawati, A. N. 2022. “Peran Pola Asuh Orang Tua Milenial Terhadap Pembentukan Keterampilan Berpikir Abad 21.” Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam.

Rahmawati, N., and R. Purnamasari. 2025. “Kolaborasi Orang Tua Dan Guru Dalam Mengembangkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Di RA Khoerunnisa.” … Nasional Pendidikan FKIP ….

Rofiqi, R., and M. Mansyur. 2023. “Melangkah Menuju Kesehatan Mental Yang Optimal: Program Inovatif Di Lembaga Pendidikan Islam.” … Dan Konseling Pendidikan Islam.

Sa’dullah, A. S. A. 2023. “Strategi Humas Berbasis Partisipasi Orang Tua Dalam Meningkatkan Layanan Pendidikan.” SINDA: Comprehensive Journal of Islamic Social ….

Sabrina, M., M. Hairani, and S. Syahrial. 2024. “Pengembangan Model Pembelajaran Kolaboratif Antara Guru Dan Orang Tua Dalam Mendukung Kemajuan Belajar Siswa Di Sekolah Dasar.” … : Jurnal Pendidikan Dan ….

Solichah, N., H. Y. Solehah, and ... 2022. “Persepsi Serta Peran Orang Tua Dan Guru Terhadap Pentingnya Stimulasi Literasi Pada Anak Usia Dini.” … Pendidikan Anak ….

SRI, P. 2023. IMPLEMENTASI BIMBINGAN KONSELING KOLABORATIF DALAM

Downloads

Published

18-08-2025

How to Cite

PENINGKATAN PARTISIPASI ORANG TUA MELALUI KOMUNIKASI SEKOLAH DI PAUD. (2025). Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 13(2), 153-163. https://doi.org/10.32534/jjb.v13i2.7508