PENILAIAN UNJUK KERJA MEMBUAT SIMBOL ANGKA DENGAN MEDIA TUTUP BOTOL
DOI:
https://doi.org/10.32534/jjb.v13i1.6906Keywords:
kognitif, penilaian, unjuk kerjaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterampilan anak dalam membuat simbol angka sebelum menggunakan media tutup botol, mengetahui apa yang dilakukan guru dalam membantu anak memahami konsep simbol angka dengan lebih mudah, serta mengetahui hasil yang dicapai setelah menggunakan media tutup botol. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode eksperimen. Penulis menganalisis data eksperimen dari penelitian sebelumnya mengenai “Penilaian Unjuk Kerja Membuat Simbol Angka dengan Media Tutup Botol untuk Perkembangan Kognitif Anak.” Penelitian ini berfokus pada penggunaan media tutup botol sebagai sarana pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan anak dalam mengenal dan membuat simbol angka. Dengan menggunakan metode eksperimen, penelitian ini mengidentifikasi proses dan strategi yang diterapkan guru untuk membantu anak-anak memahami konsep angka, serta mengukur perkembangan keterampilan anak dalam membuat simbol angka sebelum dan setelah menggunakan media tutup botol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media tutup botol memiliki dampak positif dalam meningkatkan keterampilan anak dalam mengenali dan membuat simbol angka, yang tercermin dalam peningkatan hasil penilaian unjuk kerja. Selain itu, penelitian ini juga memberikan wawasan mengenai pentingnya inovasi media dalam mendukung pembelajaran anak usia dini, khususnya dalam pengembangan numerasi. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan pemahaman lebih dalam tentang manfaat media kreatif dan praktis dalam pendidikan anak usia dini, serta memperkaya pilihan media pembelajaran yang dapat diterapkan oleh para pendidik untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak.
References
Abdussamad, H.Z. and Sik, M.S., 2021. Metode penelitian kualitatif. CV. Syakir Media Press.
Damayanti, E., Hartika, A. S., Herawati, H., Lisna, L., Jannah, R., & Pratiwi, S. I. (2018). Manajemen Penilaian Pendidikan Anak Usia Dini Pada Taman Kanak-Kanak Citra Samata Kabupaten Gowa. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 1(1), 13. https://doi.org/10.24252/nananeke.v1i1.6861
Darmiyati, D. (2020). Penilaian Unjuk Kerja Dalam Pengembangan Agama Dan Moral Anak Usia Din. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(1), 74. https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v10i1.8532
Gracia, A. R. K., & Watini, S. (2022). Peningkatan kognitif melalui literasi numerik dan saintifik dengan metode Atik pada kegiatan cat air di TK Mutiara Lebah. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 628–632.
Gunada, I. W. A. (2022). Konsep, Fungsi Dan Strategi Pembelajaran Seni Bagi Peserta Didik Usia Dini. Kumarottama: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 109–123. https://doi.org/10.53977/kumarottama.v1i2.383
Hidayati, E. (2016). Peningkatan Tutup Botol. Peningkatan Kemampuan Membilang 1-20 Melalui Permainan Tutup Botol Pada Anak Kelompok B Tk Dharma Wanita Kepuhrejo Kecamatan Takeran Kabupaten Magetan Tahun Pelajaran 2014/2015, 03(20), 51–64.
Info, A., Karakter, P. P., & Dini, A. U. (2022). Pentingnya Penilaian Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Firmansyah STISIP Mbojo. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3), 2550–2554.
Kementrian Pendidikan Nasional RI. (2014). Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini No 137 Tahun 2014. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia, 1–76. https://portaldik.id/assets/upload/peraturan/PERMEN KEMENDIKBUD Nomor 137 Tahun 2014 STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI.pdf
Kurniah, N., Agustriana, N., & Zulkarnain, R. (2021). Pengembangan asesmen anak usia dini. Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS: Dharma Raflesia, 19(01), 177–185.
Leonia, R. A., Handayani, T., & Putri, Y. F. (2022). Pengaruh Media Loose Part Terhadap Kemampuan Pra Menulis Anak Pada Kelompok B. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 9(2), 9–17. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v9i2.14058
Marlina, S., Pransiska, R., & Qalbi, Z. (2021). Analisis Kurikulum Pendidikan Islam di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Padang. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 844–855. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1143
Nurhafizah, N. (2018). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Anak Usia Dini Menggunakan Bahan Sisa. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 2(2b), 44–53. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v2i2b.288
Nurma. (2019). Peningkatan kemampuan kognitif anak kelompok B melalui media tutup botol di TK Meulati Mon Pasong Aceh Barat (Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry). Banda Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
Rachman, S. A., & Fitriani, L. (2024). PENERAPAN MEDIA PASIR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PADA KELOMPOK A PAUD. JURNAL ASIMILASI PENDIDIKAN, 2(1), 1-6.
Rahmawati, R. L., & Nazarullail, F. (2020). Strategi Pembelajaran Outing Class Guna Meningkatkan Aspek Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 7(2), 9–22. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v7i2.8839
RK, A. G., & Watini, S. (2022). Peningkatan Kognitif melalui Literasi Numerik dan Saintifik dengan Metode Atik pada Kegiatan Cat Air di TK Mutiara Lebah. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 628–632. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.467
Rosa, E., Destian, R., Agustian, A., & Wahyudin, W. (2024). Inovasi Model dan Strategi Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Journal of Education Research, 5(3), 2608–2617. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1153
Sari, D. Y., Nakita, I. T., & Rahma, F. (2022). Pemahaman Guru Dalam Proses Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 25–37. https://doi.org/10.31851/pernik.v5i2.7910
Sumardi, S., Rahman, T., & Gustini, I. S. (2017). Peningkatan Kemampuan Anak Usia Dini Mengenal Lambang Bilangan Melalui Media Playdough. Jurnal Paud Agapedia, 1(2), 190–202. https://doi.org/10.17509/jpa.v1i2.9359
Wafiqni, N., Marini, A., & Sari, P. I. (2022). Analisis Pelaksanaan Penilaian Unjuk Kerja Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. JMIE: Journal Of Madrasah Ibtidaiyah Education, 6(1), 116–132. http://e-journal.adpgmiindonesia.com/index.php/jmie
Wahyuni, A. (2022). Membangun Literasi Numerik Dan Sains Paud Untuk Menerapkan Pembelajaran Yang Menyenangkan. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(11), 3103–3108. https://doi.org/10.53625/jabdi.v1i11.1715
Yuwanto, L. (2012). Pengantar Metode Penelitian Eksperimen. 295–336.
Zahro, I. F. (2015). Penilaian dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi, 1(1), 92–111. http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/tunas-siliwangi/article/view/95
