Sinergi Orangtua-Guru dalam Membentuk Adab Santri di Kuttab Al-Fatih

Authors

  • Fitri Meliani

DOI:

https://doi.org/10.32534/jjb.v11i2.4649

Keywords:

Pendidikan adab, peran orangtua, peran guru, Kuttab

Abstract

Orangtua dan lembaga pendidikan merupakan dua lingkungan utama yang memiliki peran penting dalam pembentukan adab pada anak. Bentuk sinergi yang dilakukan beragam bentuknya, dan tujuan dari kerja sama ini adalah agar pendidikan yang ditanamkan di sekolah bisa selaras dengan pendidikan yang ditanamkan oleh orangtua di rumah karena antara guru dan orangtua bisa saling berkomunikasi mengenai perkembangan santri. Artikel ini bertujuan menganalisis metode yang diterapkan di PKBM Kuttab Al-Fatih dalam membentuk adab santri, dan mengidentifikasi  faktor kendala dalam melaksanakan sinergi antara guru dan orangtua. Metode  pengumpulan  data  dalam  penelitian  ini  menggunakan  observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk kerjasama yang terjalin antara guru dan orang tua beragam, yaitu program parenting nabawiyyah, Maqom (mabit qowwamah), forlas (forum kelas), program BBO (Belajar Bersama Orangtua), buku penghubung, dan home visit. Faktor kendala yang  dihadapi tentunya beragam pada setiap kerjasama yang dilakukan seperti ketidakhadiran salah satu orangtua, orangtua yang kurang konsisten, dan kurangnya pemahaman orangtua, dan kurangnya  keterbukaan dari pihak orangtua kepada guru dalam masalah yang dihadapi santri.

Downloads

Published

15-08-2023

How to Cite

Sinergi Orangtua-Guru dalam Membentuk Adab Santri di Kuttab Al-Fatih. (2023). Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 11(2). https://doi.org/10.32534/jjb.v11i2.4649