IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA ANAK USIA DINI DARI ORANGTUA YANG BERBEDA BANGSA DI CLC SANGGAR BELAJAR SENTUL KUALA LUMPUR MALAYSIA

Authors

  • Tati Nurhayati

DOI:

https://doi.org/10.32534/jjb.v11i2.4614

Keywords:

Profil Pelajar Pancasila, wawasan kebangsaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat implementasi  Profil Pelajar Pancasila pada Anak Usia Dini (usia 6-8 Tahun) di CLC (Community Learning Center) SB Sentul Kuala Lumpur Malaysia melalui wawasan kebangsaan yang bisa menanamkan nilai-nilai Profile Pelajar Pancasila dalam diri peserta didik dengan latar  orang tua  yang  berbeda bangsa, sebagaimana tujuan  dari  wawasan kebangsaan ini  yang menanamkan nilai-nilai profil pelajar pancasila, mendidik warga negara supaya supaya menjadi warga negara yang baik, terjaganya nilai luhur luhur moral bangsa, patriotik, toleran, setia terhadap bangsa dan negara, beragama, demokratis serta pancasila sejati (Somantri, 2001:279). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan jenis studi kasus disertai pendekatan fenomologi adapaun instrument yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi, data yang terkumpul dianalisis dengan tahap reduksi, display, dan tahap pengumpulan data. Metode penelitian ini dipilih karena peneliti ingin memperoleh data yang dapat mendeskripsikan penerapan profil pelajar pancasila dalam pembentukan karakter melalui  wawasan kebangsaan peserta  didik secara real dalam penelitian.penelitian ini  bertujuan untuk pelaksanaan penguatan nilai nilai pancasila melalui wawasan kebangsaan sebagai upaya perwujudan profil pelajar pancasila dan mengetahui implemetasi profil pelajar. Menurut Sugiyono (2016) menyatakan bahwa metode deskriptif adalah suatu metode yang digunakan untuk menggambarkan atau menganalisis suatu hasil penelitian tetapi tidak digunakan untuk membuat kesimpulan yang lebih luas. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa:  melalui  wawasan  kebangsaan dapat  memberikan penerapan pada  nilai-nilai  profil  pelajar  dan kemampuan  anak  dalam  mengimplementasikan profil  pelajar  pancasila.  Sehingga  peserta  didik  lebih mengenal beraneka ragamnya suku bangsa, mengenal daerah asalnya, mengenal arti dari lambang bendera Indonesia, mengenal lagu-lagu wajib, lagu lagu daerah, permainan tradisional dan keberagaman budaya Indonesia. Sehingga dapat menimbulkan kecintaan terhadap Indonesia. Kesimpulan, dari temuan tersebut bahwa Implemetasi Profil Pelajar Pancasila dapat mengembangkan wawasan kebangsaan pada anak usia dini dari orang tua yang berbeda bangsa di sanggar belajar Sentul Kuala Lumpur Malaysia.

Downloads

Published

15-08-2023

How to Cite

IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA ANAK USIA DINI DARI ORANGTUA YANG BERBEDA BANGSA DI CLC SANGGAR BELAJAR SENTUL KUALA LUMPUR MALAYSIA. (2023). Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 11(2), 26-35. https://doi.org/10.32534/jjb.v11i2.4614