IMPLEMENTASI READ ALOUD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK USIA 4-5 TAHUN

Authors

  • Erna Nurjayanti

DOI:

https://doi.org/10.32534/jjb.v11i2.4611

Keywords:

Kemampuan menyimak, Read Aloud

Abstract

Bahasa merupakan bagian penting dalam berkomunikasi sehari-hari untuk mengungkapkan ekspresi dan keinginan. Berkomunikasi dan aktifitas menyimak adalah hal yang selalu dilakukan anak setiap hari. (Oduoluwo & Oluwakemi (2014) mengungkapkan bahwa, menyimak adalah keterampilan komunikasi yang paling dominan dalam kelas dan kehidupan sehari-hari. Banyak metode variatif dalam mengembangkan kemampuan menyimak anak dalam aspek bahasa, salahsatu metode tersebut adalah Read Aloud. Hasil pengamatan pada metode belajar di TK Miftahul Jannah Kecamatan Widasari melihat ada beberapa anak yang belum bisa mengikuti kegiatan bercerita. Metode tersebut mempunyai efek memusatkan perhatian dan membuat suatu kelompok keterpaduan bentuk. Selain itu, tidak hanya memudahkan guru dalam penggunaannya, tetapi metode ini menggabungkan unsur visual dan auditori, sehingga menarik bagi anak tanpa harus membebani guru. Hal tersebut akan memberikan situasi pembelajaran bercerita yang efektif.

Downloads

Published

15-08-2023

How to Cite

IMPLEMENTASI READ ALOUD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK USIA 4-5 TAHUN. (2023). Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 11(2), 15-25. https://doi.org/10.32534/jjb.v11i2.4611