TRANSFORMASI POLA ASUH ORANGTUA MELALUI KEGIATAN PARENTING SOS
DOI:
https://doi.org/10.32534/jjb.v13i2.7814Keywords:
parenting SOS, pola asuh, anak usia dini, rumah-sekolah, nilai keislamanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan perubahan pola pengasuhan orang tua setelah mengikuti kegiatan Parenting SOS di TK IT Ihya’ As Sunnah Tasikmalaya. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, lalu dianalisis melalui tahapan coding. Hasil penelitian menunjukkan dampak positif dalam empat aspek utama: pergeseran pola asuh ke arah demokratis, peningkatan refleksi diri dan pembelajaran orang tua, penguatan sinergi rumah dan sekolah, serta integrasi nilai keislaman dalam pengasuhan. Temuan ini menegaskan pentingnya kemitraan antara keluarga dan lembaga pendidikan dalam mendukung tumbuh kembang anak secara menyeluruh. Program Parenting SOS terbukti efektif dalam menyelaraskan pola pengasuhan dan memperkuat peran orang tua sebagai pendidik utama di rumah.
References
Apipah, F. T., Nurhayati, R., Solihah, Z. A., Khaerunnisa, G., Purwati, P., & Muslihin, H. Y. (2023). Program Parenting SOS (Sekolah Orang Tua Santri) Di TK Ihya Assunnah Tasikmalaya. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1), 116–129. https://doi.org/10.26877/paudia.v12i1.15380
Arianto, P. (2020). Modul Metode Penelitian Kualitatif. In Metode penelitian (Vol. 5, Issue July).
Asari, A. (2024). Pendidikan Anak Usia Dini (Issue November).
Darling, N., & Steinberg, L. (1993). Parenting style as context: An integrative model. Psychological Bulletin, 113(3), 487–496. https://doi.org/10.1037/0033-2909.113.3.487
Dr. H. Mgs. Nazzarudin, M. (2019). PENDIDIKAN KELUARGA (1st ed.). Noer Fikri.
Edition, S. (n.d.). The Adult Learner.
Epstein, J. L. (2001). School, family, and community partnerships: Preparing educators and improving schools. Westview Press
Farida, N., & Mulyani, P. (2023). Studi Keefektifan Program Kemitraan Orang Tua di Lembaga PAUD Kabupaten Wonosobo. JEA (Jurnal Edukasi AUD), 9(2), 113–122. https://doi.org/10.18592/jea.v9i2.10990
Handayani, A., Yulianti, P. D., & Setiawan, A. (2024). Peningkatan Keterampilan Pengasuhan melalui Mindful Parenting: Studi pada Orang Tua Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(6), 1529–1538. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i6.6251
Icam Sutisna. (2018). MENGENAL MODEL POLA ASUH BAUMRIND. Participatory Educational Research, 66(10).
Isra Ahmad, N. (2018). Psikologi Parenting. 3.
Lilianti, L., Rohmiati, R., Adam, A., Hermanto, H., Risnajayanti, R., & Salma, S. (2023). Mengoptimalkan Pembentukan Karakter untuk Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1676–1684. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4189
Marintan Marintan, D., & Priyanti, N. Y. (2022). Pengaruh Pola Asuh Demokratis terhadap Keterampilan Sikap Toleransi Anak Usia 5-6 Tahun di TK. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5331–5341. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.3114
Maulida, S., & Ismawati, P. (2021). Pola Asuh Orangtua Terhadap Perkembangan Nilai Agama Moral Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi Covid 19 Di Tk Wachid Hasyim Surabaya. Thufuli : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 7. https://doi.org/10.33474/thufuli.v3i2.13559
Sitorus, S. L. (2021). Qualitative Method (Case Study Research). Journal Of Communication Education, 15(1), 20–29. https://doi.org/10.58217/joce-ip.v15i1.224
Sofyan, H. (2024). Perkembangan Anak Usia Dini dan Cara Praktis Peningkatannya.
Sofyan, I. (2019). Mindful Parenting: Strategi Membangun Pengasuhan Positif dalam Keluarga. Journal of Early Childhood Care and Education, 1(2), 41. https://doi.org/10.26555/jecce.v1i2.241
Widaningtyas, L. (2022). Case Study of Parental Involvement in PAUD Program in TK IPPA Nurul Haq. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 9(2), 175–190. https://doi.org/10.21831/jppm.v9i2.32695
Widiatmika, K. P. (2015). The Ecology of Human Developement. In Etika Jurnalisme Pada Koran Kuning : Sebuah Studi Mengenai Koran Lampu Hijau (Vol. 16, Issue 2).
Wilda Azkiyah, Vina Farhatunnisa Haryono, Windy Nur Fitriyyah, & Fidrayani Fidrayani. (2024). Pengaruh Pengetahuan Parenting Terhadap Keterlibatan Orang Tua Di Lembaga PAUD. Ta’rim: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 5(3), 30–36. https://doi.org/10.59059/tarim.v5i3.1322
