MODEL PELIKAN MENGEMBANGKAN MOTIVASI, AKTIVITAS DAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.32534/jjb.v13i2.7720Keywords:
Motivasi Belajar, Aktivitas Anak, Perkembangan Kognitif, Model Pelikan, PAUDAbstract
Permasalahan dalam penelitian ini rendahnya motivasi, aktivitas dan hasil perkembangan kognitif anak dalam mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan. Sebagai solusi, digunkan model Pelikan yang terinspirasi dari cara burung pelikan mengajarkan anaknya terbang secara bertahap. Model ini mengajak anak belajar secara bertahap dengan bimbingan guru, melalui pemecahan masalah nyata, penjelasan yang jelas, serta bantuan media gambar yang menarik. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas guru serta menganalisis motivasi, aktivitas anak, dan hasil perkembangan kognitif anak mencocokkan biangan dengan lambang bilangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 4 pertemuan, Subjek penelitian adalah 15 anak kelompok B1 di TK Adhyaksa XIV Banjarmasin. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dengan instrumen berupa lembar observasi aktivitas guru, motivasi belajar, aktivitas anak dan perkembangan kognitif anak. Analisis data dilakukan secara deskriptif dengan bantuan tabel dan grafik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pertemuan 4 aktivitas guru telah mencapai kategori “Sangat Baik”, motivasi belajar anak secara klasikal mencapai kategori “Seluruh Anak Termotivasi”, aktivitas anak secara klasikal mencapai kategori “Seluruh Anak Aktif”, dan perkembangan kognitif anak secara klasikal mencapai kategori BSB dan BSH. Model Pelikan disarankan sebagai referensi penggunaan model pembelajaran yang efektif di PAUD.
References
Agustina, A. (2022). Melningkatkan Kelmampuan Kognitif dalam Melngelnal Lambang Bilangan Melnggunakan Modellch delngan Makel a Match delngan Meldia Kartu Angka di TK Anggrelk DWP UNLAM Kota Banjarmasin. Diselrtasi tidak ditelrbitkan. Banjarmasin: Univelrsitas Lambung Mangkurat.
Arnilasari, W. (2023). Stratelgi Guru Dalam Pelmbellajaran Anak Usia Dini Di PAUD Telrpadu Kirana Kelcamatan Tamalatel Kota Makassar.
Auliani, S., & Suzanti, L. (2022). Aselsmeln Pelrkelmbangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Lonto Lelok Pelndidikan Anak Usia Dini, 4(2), 23-27.
Fadilla, A. F. (2023). Melngelmbangkan Motivasi, Aktivitas Dan Aspelk Kognitif Dalam Melncocokkan Bilangan Delngan Lambang Bilangan Melnggunakan Kombinasi Modell Problelm Baseld Lelarning, Makel A Match Delngan Meldia Papan Pintar Pada Anak Kellompok B TK Islam Madinaturramlah Banjarmasin. Diselrtasi tidak ditelrbitkan. Banjarmasin: Univelrsitas Lambung Mangkurat.
Fauziddin, M., & Mufarizuddin, M. (2018). Uselful of clap hand gamels for optimalizel cogtivitel aspelcts in elarly childhood elducation. Jurnal obselsi: jurnal pelndidikan anak usia dini, 2(2), 162-169.
Felrnando, Y., Andriani, P., & Syam, H. (2024). Pelntingnya Motivasi Bellajar Dalam Melningkatkan Hasil Bellajar Siswa. ALFIHRIS: Jurnal Inspirasi Pelndidikan, 2(3), 61-68.
Fricticarani, A., Hayati, A., Ramdani, R., Hoirunisa, I., & Rosdalina, G. M. (2023). Stratelgi pelndidikan untuk suksels di elra telknologi 5.0. Jurnal Inovasi Pelndidikan Dan Telknologi Informasi (JIPTI), 4(1), 56-68.
Helriyanti, N. S., Thamrin, M., & Yuniarni, D. (2014). Pelmbelrian Motivasi Bellajar Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Mujahidin II Pontianak Timur. Jurnal Pelndidikan Dan Pelmbellajaran Khatulistiwa (JPPK), 3(8), 1–9.
Hidayati, F. T., & Utsman, U. (2019). Pelngaruh Kompeltelnsi Peldagogik dan Aktivitas Bellajar Telrhadap Kelmandirian Anak Relntan Jalanan Selmarang. Journal of Nonformal ELducation and Community ELmpowelrmelnt, 3(1), 27– 35.
Mumtaz, A. (2023). Melngelmbangkan Motivasi, Aktivitas, dan Aspelk Kognitif Pada Anak Dalam Melncocokkan Bilangan delngan Lambang Bilangan delngan Modell Numbelr Helad Togelthelr (NHT) dan Meldia Pelrmainan Ulat Belrhitung Pada Kellompok B PAUD Telrpadu Al Muttaqin. Diselrtasi tidak ditelrbitkan. Banjarmasin: Univelrsitas Lambung Mangkurat.
Noorhapizah, N., Alim, N., Agusta, A. R., & Ahmad Fauzi, Z. (2019). Melningkatkan Kelmampuan Belrpikir Kritis Mellalui Keltelrampilan Melmbaca Pelmahaman Dalam Melnelmukan Informasi Pelnting Delngan Kombinasi Modell Direlcteld Inquiry Activity (Dia), Think Pair Sharel (Tps) Dan Scramblel Pada Siswa Kellas V Sdn Pelmurus Dalam 7 Banjarmasin.
Norliana, N., & Cinantya, C. (2022). Melngelmbangkan Motivasi dan Aspelk Kognitif Melnggunakan Modell MAPLEL pada Anak Taman Kanak-Kanak. Gawi: Journal of Action Relselarch, 2(1), 9–17. https://doi.org/10.59329/gawi.v2i1.187
Novitawati, & Qibtiah, M. (2014). Melningkatkan Hasil Bellajar Siswa Matelri Kopelrasi Dalam Pelrelkonomian Mellalui Modell Pelmbellajaran Think Pair and Sharel Variasi Delngan Numbelreld Helads Togelthelr Di Kellas Iv Sdn Selbelrang Melsjid 1 Banjarmasin. Jurnal Paradigma, 9(2), 1–23.
Nurmala, D. A., Tripalupi, L. EL., Suharsono, N., & ELkonomi, J. P. (2014). Pelngaruh motivasi bellajar dan aktivitas bellajar telrhadap hasil bellajar akuntansi. Jurnal Pelndidikan ELkonomi Undiksha, 4(1), 1-10.
Nurulanningsih. (2023). Pelnellitian Tindakan Kellas (PTK) Selbagai Pelngelmbangan Profelsi Guru Bahasa Indonelsia. Jurnal Didactiquel Bahasa Indonelsia, 4(1), 50-61.
Qomariah, N., & Cinantya, C. (2024). Melngelmbangkan Motivasi, Aktivitas, Dan Kognitif Dalam Melngelnal Huruf Hijaiyah Melnggunakan Modell Pandai Pada Kellompok B. Jurnal Inovasi, Krelatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 4(1), 10. https://doi.org/10.20527/jikad.v4i1.11723
Rahmawati, Z. D. (2020). Pelnggunaan Meldia Gadgelt Dalam Aktivitas Bellajar dan Pelngaruhnya Telrhadap Pelrilaku Anak. TA?ALIM: Jurnal Studi Pelndidikan Islam, 3(1), 97-113.
Ramadhani, S. P., Pratiwi, F. M., Fajriah, Z. H., & Susilo, B. EL. (2024). Studi Litelratur: ELfelktivitas Modell Problelm Baseld Lelarning (PBL) untuk Melningkatkan Kelmampuan Pelmelcahan Masalah Matelmatis telrhadap Pelmbellajaran Matelmatika. PRISMA, Prosiding Selminar Nasional Matelmatika, 724-730.
Ramadina, N., & Cinantya, C. (2022). Melngelmbangkan Aktivitas Dan Motorik Halus Anak Kellompok a Dalam Melmbuat Garis Selsuai Pola Mellalui Modell Coklat Di Tk Aba 1 Pagatan. Jurnal Inovasi, Krelatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 2(1), 20.
Rinzani, M. (2023). Pelnggunaan Meldia Pelmbellajaran Flash Card dalam Melningkatkan Kognitif Anak Usia Dini di TK Nelgelri Pelmbina Curup. Skripsi Program Studi Pelndidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Nelgelri (IAIN) Curup.
Rittlel-Johnson, B., Zippelrt, EL. L., & Boicel, K. L. (2019). Thel rolels of pattelrning and spatial skills in elarly mathelmatics delvellopmelnt. ELarly Childhood Relselarch Quartelrly, 46, 166-178., 46, 166-178.
Roziana, A., & Khasanah, U. (2022). Meldia Marbell Flashcard untuk Melngelnal Angka pada Anak Usia Dini. Aulad: Journal on ELarly Childhood, 5(1), 71-76.
Rusman, V. F. A., Maryam, S., & Ilmi, N. (2021). Pelnelrapan Modell ELxplicit Instruction Untuk Melningkatkan Hasil Bellajar Siswa Selkolah Dasar Kellas ELmpat Di Kabupateln Barru. Pinisi Journal Of ELducation, 1(2), 76-92.
Sari, A. (2024). Melngelmbangkan Motivasi, Aktivitas, dan Aspelk Kognitif mellalui Modell Bagirap’an pada Anak Kellompok B TK Islam Madinaturramlah Banjarmasin. Diselrtasi tidak ditelrbitkan. Banjarmasin: Univelrsitas Lambung Mangkurat.
Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi Telntang Prelstasi Bellajar Siswa Dalam Belrbagai Aspelk Dan Faktor Yang Melmpelngaruhi. Jurnal Komunikasi Pelndidikan, 2(2), 115.
Utami, N. S. A. (2021). Melngelmbangkan Kelmampuan Kognitif dalam Melngelnal Angka 1-10 Melnggunakan Kombinasi Modell ELxplicit Instruction, Makel a Match, dan Meldia Flash Card Kellompok A TK Al Ikhlas Sungai Lulut Banjarmasin. Diselrtasi tidak ditelrbitkan. Banjarmasin: Univelrsitas Lambung Mangkurat.
Vitriati, N., & Cinantya, C. (2025). Melngelmbangkan Aktivitas, Kelrjasama Dan Aspelk Kognitif Melnggunakan Modell Pancis Dan Meldia Stickboard Pada Anak Kellompok A. Jurnal Inovasi, Krelatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 5(2), 1. https://doi.org/10.20527/jikad.v5i2.15819
Wardani, A. D., Gunawan, I., Kusumaningrum, D. EL., Belnty, D. D. N., Sumarsono, R. B., Nurabadi, A., & Handayani, L. (2020). Studelnt Lelarning Motivation: A Concelptual Papelr. 487(ELcpel), 275–278.
Waruwu, M. (2023). Pelndelkatan pelnellitian pelndidikan: meltodel pelnellitian kualitatif, meltodel pelnellitian kuantitatif dan meltodel pelnellitian kombinasi (Mixeld Melthod). Jurnal Pelndidikan Tambusai, 7(1), 2896-2910.
Downloads
Published
Issue
Section
Categories
- Early Childhood Education and Learning
- Character Education for Early Childhood
- Educational Media for ECE
- Teaching Strategies in ECE
- Health, Nutrition, and Well-being in ECE
- Care, Protection, and Parenting of Early Childhood (Holistic Integrative)
- Management in ECE
- Growth and Development in Early Childhood
- Islamic Parenting
- Information and Communication Technology (ICT) for ECE
