STRATEGI PEMBELAJARAN NILAI KARAKTER SANTUN DENGAN MEDIA VIDEO ANIMASI UNTUK PAUD
DOI:
https://doi.org/10.32534/jjb.v13i2.7598Keywords:
Animated Video, Polite Character, Early ChildhoodAbstract
Nilai karakter santun pada anak usia dini merupakan nilai karakter yang sangat penting dan harus ditanamkan sejak dini. Namun dalam prakteknya ditemukan berbagai tantangan. Oleh karena itu diperlukan sebuah strategi pembelajaran yang efektif agar nilai karakter santun ini mudah ditanamkan pada anak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pembelajaran nilai karakter santun dengan Media video animasi untuk PAUD. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kepustakaan (library research), yang menggunakan metode analisis isi (content analysis) melalui pendekatan kualitatif dengan cara menelaah informasi mengenai strategi pembelajaran nilai karakter santun, dan media video animasi untuk anak usia dini. Data penelitian didapatkan dari beberapa buku dan artikel jurnal penelitian terdahulu. Analisis data dengan mengidentifikasi dan mengkategorikan tema-tema utama yang muncul kemudian menghubungkannya dengan subtema yang lebih spesifik, selanjutnya mengintegrasikan dan merumuskan tema utama yang paling relevan dengan tujuan penelitian. Temuan ini menegaskan bahwa integrasi teknologi, khususnya video animasi, dapat menjadi alat yang efektif dalam menanamkan nilai karakter santun pada PAUD. Dukungan dari pendidik dan orang tua menjadi faktor utama dalam keberhasilan implementasi media video animasi ini. Kolaborasi yang kuat antara pihak sekolah dan orang tua menjadi fondasi dasar untuk meningkatkan kualitas nilai karakter santun anak usia dini melalui media video animasi.
References
A.N, S., & dkk. (2019). Persepsi Siswa Dalam Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, 30-38.
Al-Faruqi, I. R. (1995). Tauhid. Bandung: Pustaka.
Andayani, A. M. (2004). Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi Kompetensi Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Johari, A., & dkk. (2014). Penerapan Media Video dan Animasi Pada Materi Memvakum dan Mengisi Refrigeran Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal of Mechanical Engineering Education, 8-15.
Khairi, H. (2018). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini dari 0-6 Tahun. Jurnal Warna, 15.
Leandha, M. (2024). Sakit Hati Sering Diejek Orang Gila dan Kudis, Rudi Sihaloho Tikam Tiga Bocah Anak Tetangga. Jakarta: Tempo.co.
Maulida, L., & Afrianingsih, A. (2024). Pengaruh Pemberian Reward Stempel Prestasi Terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini di TK Raudhotut Tholibin Bungo. PAUDIA : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 231-241.
Muhaimin, & dkk. (2001). Pardigma Pendidikan Islam Upaya Mengefektifkan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nurasyiah, R., & Atikah, C. (2023). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini. Khazanah Pendidikan, 76.
Nurlaela, S., Suzanti, L., & Widjayatri, R. (2024). Penggunaan Aplikasi Smart Game Untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Anak Usia 5-6 Tahun. PAUDIA : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 208-230.
Poerwadaminta, W. (1984). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PN Balai Pustaka.
Rahmawati, L. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Se-Gugus
