UPAYA GURU MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK MELALUI METODE STORYTELLING DI PAUD AN-NUR KABUPATEN LEBONG

Authors

  • Nissrina Nuha Saleha UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Evi Selva Nirwana UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Fidhia Andani UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.32534/jjb.v13i2.7437

Keywords:

Upaya Guru, Kemampuan Berbahasa, Anak Usia Dini, Storytelling

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami upaya guru dalam mengembangkan kemampuan berbahasa anak usia dini melalui metode storytelling di PAUD An-Nur Kabupaten Lebong. Anak usia 5–6 tahun di lembaga ini menunjukkan perkembangan bahasa yang masih terbatas, seperti ketidakmampuan menyampaikan cerita secara runtut dan minimnya partisipasi dalam kegiatan bercerita. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode field research. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap guru dan anak usia dini sebagai subjek utama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa storytelling digunakan guru untuk merangsang minat berbicara anak, memperkaya kosakata, mengenalkan struktur kalimat, meningkatkan pemahaman bahasa, dan melatih kemampuan menyampaikan cerita. Meskipun terdapat hambatan seperti perbedaan latar belakang bahasa ibu dan rendahnya kepercayaan diri anak, guru mampu mengatasinya melalui lingkungan belajar yang kondusif, kreativitas dalam pembelajaran, serta dukungan orang tua. Metode storytelling terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berbahasa anak.

References

Apriant, N., Purnawati, A., Nur’aslinda, S., & Sari, H. (2023). Manfaat Story Tellingdalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Al-Amin, 1(1), 67–81.

Auliah, E., Hamidah, A., & . R. (2024). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Kartu Kata Pada Anak Usia 5 -6 Tahun Di Tk Islam Pamastra Kedaung – Pamulang. Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 3(3), 607–612. https://doi.org/10.47233/jpst.v3i3.2019

Delima, D., Suhaimi, S., & Irfan, A. (2022). Pengaruh Metode Story Telling Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Todler. Jurnal Basicedu, 6(1), 1369–1375. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1672

Dianita, S. C., Sari, A. T. R., & Lestariningrum, A. (2023). Peningkatan Kemampuan Bercerita Menggunakan Media Gambar Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Efektor, 10(1), 101–110. https://doi.org/10.29407/e.v10i1.19425

Etnawati, S. (2022). Implementasi Teori Vygotsky Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, 22(2), 130–138. https://doi.org/10.52850/jpn.v22i2.3824

Fajari, F. W. U., & Zulkarnaen, Z. (2023). Implementasi Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun melalui Metode Bercerita. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7933–7939. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5620

Febe Wahyuni Br. Sihoming, Dina Amanda, Nida Afifah, Nabila Dhara, & Anggia Puteri. (2024). Implementasi Metode Bercerita Dalam Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Di TK Swasta Al-Ihsan. Katalis Pendidikan : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Matematika, 1(2), 232–243. https://doi.org/10.62383/katalis.v1i2.414

Habibatullah, S., Darmiyanti, A., & Aisyah, D. S. (2021). Potensi Bahasa Anak Usia Dini 5-6 Tahun Melalui Metode Bercerita. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(02), 1–7. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i02.5315

Hadi, G. K. (2018). Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Mengungkapkan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun di TK Pertiwi 1 Banjarsari. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(2). https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v5i2.5441

Hamidah, N. H., & Fauziah, I. P. (n.d.). PERMASALAHAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK Abstrak. 30–38.

Hartati, S., Damayanti, E., Rusdi T, M., & Patiung, D. (2021). Peran Metode Bercerita terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 8(2), 74–86. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v8i2.10513

Hasiana, I. (2020). Studi Kasus Anak dengan Gangguan Bahasa Reseptif dan Ekspresif. SPECIAL : Special and Inclusive Education Journal, 1(1), 59–67. https://doi.org/10.36456/special.vol1.no1.a2296

Herliawati, L. (2024). Strategi Pengembangan Kecakapan Berbahasa Anak Speech Delay. 7(5), 464–472.

Hidayat, Y. (2023). Teori Pemerolehan Bahasa Pada Anak Usia Dini. Jurnal INTISABI, 06(02), 1–10.

Ismawaty, Q., & Nuramiza, S. (2024). Pengaruh Pendidikan Anak Usia Dini Terhadap Kesiapan Sosial dan Akademik untuk Memasuki Sekolah Dasar. Jurnal Adzkiya, 8(1), 61–72.

Kakiay, A., & Wigiyanti. (2022). Jurnal Riset Ilmiah. Jurnal Riset Ilmiah, 1(01), 15–18.

Kartika, T. (2019). Manajemen Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Berbasis Metode Talaqqi. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 4(2), 245–256.

Kartikasari, G. (2025). Peran Storytelling Pada Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. 2(2), 85–91.

Kustina, R., Hanum, C. F., Bina, U., & Getsempena, B. (2024). Jurnal Ilmiah Mahasiswa PENGARUH METODE BERNYANYI TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI. 5(1), 1–13.

Lestari, I. D., & Sari, S. N. (2023). Pengaruh Metode Story Telling Terhadap Kemampuan Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Prasekolah di TK Rafa Tengah Padang Kota Bengkulu. 106–112. http://jurnal.umb.ac.id/index.php/ng

Marcela, R. A., dan, & Fachrul Rozie. (2020). Penerapan Metode Bercerita dalam Optimalisasi Bahasa Reseptif Anak Usia 5-5 Tahun Di TK Negeri 02 Tenggarong. Jurnal Lentera Anak, 1(1), 28.

Murgiyanti Murgiyanti, Sumarno Sumarno, & Muhtarom Muhtarom. (2023). Analisis Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK IT Almawaddah Semarang. Khirani: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 211–226. https://doi.org/10.47861/khirani.v1i2.325

Nurelah, E., & Nuraeni, L. (2024). Digital Storytelling : Penerapan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Usia 5-6 Tahun. Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif) Online, 7(2), 145–157.

Nurhayati, M. (2024). Jurnal Pendidikan Inovatif Jurnal Pendidikan Inovatif. 6(April), 226–237.

Nurul Iman. (2021). Sing a Song: Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini (Aud). JOURNAL SCIENTIFIC OF MANDALIKA (JSM) e-ISSN 2745-5955 | p-ISSN 2809-0543, 2(3), 116–125. https://doi.org/10.36312/10.36312/vol2iss3pp116-125

Oktari, R. (2013). Penerapan Metode Bercerita pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Kemala Bhayangkari 14. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(4), 1–12.

Ong, C., & Aryadoust, V. (2023). A review of digital storytelling in language learning in children: methods, design and reliability. Research and Practice in Technology Enhanced Learning, 18(January). https://doi.org/10.58459/rptel.2023.18011

Pangestuti, M. (2020). Efektivitas Metode Storytelling Dengan Media Bergambar Untuk Mengembangkan Bahasa Reseptif Anak Usia 5-6 Tahun Desa Keji Kecamatan Ungaran Barat. Eprints.Walisongo.Ac.Id, June, 1–6. http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6667/

Pradana, P. H., Djamali, F., & Khoiriyah, A. N. (2024). Implementasi Mendongeng dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 9(1), 99–108. https://doi.org/10.33369/jip.9.1.99-108

Pradana, S. (2023). JIT : Jurnal Ilmu Tarbiyah. Jurnal Ilmu Tarbiyah, 2(1), 73–90.

Purnia, C., Fitri, I., & Febriyanti, F. (2024). Pengaruh Metode Storytelling Terhadap Peningkatan Minat Baca Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Marfu’ah Palembang. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 6(1), 96–108. https://doi.org/10.33387/cahayapd.v6i1.7435

Rafiola, R. H., Anggraini, D., & Sari, V. N. (2022). The Effectiveness of Storytelling Method To Increase Language Development In Early Childhood. JED (Jurnal Etika Demokrasi), 7(3), 461–471. https://doi.org/10.26618/jed.v7i3.8140

Rambe, A. M., Sumadi, T., & Meilani, R. S. M. (2021). Peranan Storytelling dalam Pengembangan Kemampuan Berbicara pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2134–2145. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1121

Rusmaeni, J., Hasanah, N., & Hayati, D. J. (2024). Penerapan Metode Bercerita Menggunakan Buku Cerita Bergambar Pada Kemampuan Bercerita Anak Usia 5-6 Tahun Di RA As-Shibyan Jurit. AURA: JURNAL PENDIDIKAN AURA, 5(2), 97–105. https://doi.org/10.37216/aura.v5i2.1747

Safrudin, R., Zulfamanna, Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Penelitian Kualitatif. Journal Of Social Science Research, 3(2), 1–15.

Sahadatunnisa, A., Darmiyanti, A., & Munafiah, N. (2023). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak melalui Metode Bercerita pada Anak Usia 5-6 Tahun. As-Sabiqun, 5(1), 262–273. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v5i1.2774

Salsabil, N., Susanti, N., Wicara, T., Kesehatan, P., & Surakarta, K. (2024). RESEPTIF ANAK PAUD DI KECAMATAN JEBRES SURAKARTA. 3, 128–138.

Samosir, L. B., Herawati, J., & Samosir, R. (2023). Pengaruh Metode Storytelling Terhadap Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Pembina HKBP Tarutung. Bahasa Dan Ilmu Sosial, 1(6), 107–122.

Saputri, dkk. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Kubus Berhuruf. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 4(1), 14–24.

Setiawati, N., Putra, D., & Zukhairina, Z. (2023). Penerapan Metode Bercerita Dalam Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini 5-6 Tahun. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 2(1), 1–16. https://doi.org/10.56436/mijose.v2i1.202

Ulfadhilah, K. (2021). Model Pembelajaran Konstruktivisme Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Islamic EduKids, 3(1), 1–13. https://doi.org/10.20414/iek.v3i1.3439

Wahidah, A. F. N., & Latipah, E. (2021). Pentingnya Mengetahui Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Dan Stimulasinya. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 4(1), 43–62. https://doi.org/10.15575/japra.v4i1.10

Downloads

Published

18-08-2025

How to Cite

UPAYA GURU MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK MELALUI METODE STORYTELLING DI PAUD AN-NUR KABUPATEN LEBONG. (2025). Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 13(2), 29-45. https://doi.org/10.32534/jjb.v13i2.7437