KONTROL PENGELOLA DAYCARE BANTU WUJUDKAN LAYANAN ‎PENDIDIKAN ANAK USIA DINI YANG CARE

Authors

  • Riska Ayu Lesatari universitas negeri padang

DOI:

https://doi.org/10.32534/jjb.v12i3.6637

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dini merupakan tahap pendidikan yang sangat penting dalam ‎kehidupan seorang anak. Pada tahap ini, anak-anak berada dalam periode perkembangan ‎yang sangat pesat, baik secara fisik, kognitif, sosial, maupun emosional. Penulisan ini ‎bertujuan untuk memahami konsep pengelola lembaga daycare, manfaat daycare bagi anak ‎usia dini, serta strategi pengelolaan daycare dalam mewujudkan layanan pendidikan anak ‎usia dini yang care. Metode yang digunakan berupa studi literatur dan berbagai sumber ‎sekuder yang relevan dengan topik kontrol pengelola daycare. Dari hasil pembahasan ‎menunjukkan bahwa kontrol kualitas dalam pengelolaan daycare menjadi aspek penting ‎untuk menjamin bahwa layanan yang diberikan memenuhi standar yang telah ditetapkan. ‎Pengelola daycare memiliki tanggung jawab dalam merencanakan program pembelajaran, ‎mengkoordinasikan sumber daya, serta memantau dan mengevaluasi pelaksanaan program ‎daycare. Ini juga mencerminkan tanggung jawab sosial pengelola daycare untuk ‎memberikan layanan yang berkualitas kepada anak-anak. ‎

Keywords:

Pendidikan, Daycare, Anak Usia Dini

References

Berger, L. M., Panico, L., & Solaz, A. ??(2021). The impact of center-based ?childcare attendance on early child ?development: Evidence from the ?frenchelfe cohort. Demography, ??58(2), 419–450. ?https://doi.org/10.1215/00703370-??8977274?

Fono, Y. M., Ita, E., & Mere, V. O. (2023). ?Stimulasi Kemampuan Bahasa Anak ?Usia 4-6 Tahun melalui Pola Asuh ?Orang Tua. Jurnal Obsesi : Jurnal ?Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), ??4305–4315. ?https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4??838?

Hamer, W., Rachman, T. A., Lisdiana, A., ?Wardani, W., Karsiwan, K., & ?Purwasih, A. (2020). Potret Full ?Daycare sebagai Solusi Pengasuhan ?Anak bagi Orang Tua Perkerja. Tapis : ?Jurnal Penelitian Ilmiah, 4(1), 75. ?https://doi.org/10.32332/tapis.v4i1.19??55?

Hasanah, W. O. U., Tanzil, T., & ?Sarmadan, S. (2024). PERAN ?TENAGA PENDIDIK TAMAN ?PENITIPAN ANAK ( TPA ), ?pengasuh akan merasa lebih leluasa ?untuk melakukan aktivitas menetap ?atau. Welvaart : Jurnal Ilmu ?Kesejahteraan Sosial, 5(1), 71–80.?

Iriani, H. (2024). Strategi Pengembangan ?Layanan Daycare Koperasi Baji ?Artha. In Universitas Hasanudin ?Makassar. Universitas Hasanudin ?Makassar.?

Janah, I. M. (2022). Analisis kemandirian ?anak yang diasuh keluarga dengan ?anak yang diasuh di TPA (Studi kasus ?di tempat penitipan anak Rumah ?Kreasi Edukasi). 1–71. ?http://repository.radenintan.ac.id/2326??9/?

Kemendikbud. (2024). Data Sekolah ?Nasional - Dapodikdasmen. ?Dapodikdasmen, 1–3. ?https://dapo.kemdikbud.go.id/sp

Kemenpppa. (2024). Data Sebaran Kasus ?Kekerasan. Kemenpppa.Go.Id. ?https://kekerasan.kemenpppa.go.id/ringkasan

Leny, L., Wiyarno, I., & Syafwandi. ??(2023). Peran Daycare Dalam ?Stimulasi Perkembangan Fisik ?Motorik Anak Usia 2-3 Tahun Di ?Daycare Kepik Kuning Tangerang ?Selatan. Indonesian Journal of Early ?Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia ?Dini, 5(1), 127–140. ?https://doi.org/10.35473/ijec.v5i1.182??2?

Nurdin, Z. S., & Suherman, E. (2024). ?Pelatihan Guru Pada Daycare ?Halima Qur ’ ani Karawang. 02(01), ??251–254.?

Nurpadilah, N., Chalid, C., & Apriyansyah, ?C. (2024). Peran Day Care Dalam ?Stimulasi Perkembangan Fisik ?Motorik Anak Usia Dini Di Buncha ?Daycare Jakarta Pusat. Jurnal ?Pendidikan, Sains Dan Teknologi, ??3(3), 601–606. ?https://doi.org/10.47233/jpst.v3i3.201??4?

Oktamarina, L. (2024). Analisis Program ?Pengelolaan Tempat Penitipan Anak ?Auliya Cipta Cendekia di Kabupaten ?Indralaya. Innovative: Journal Of ?Social Science Research, 4(4), 10698–??10705. http://j-?innovative.org/index.php/Innovative/article/view/14440?

Procare. (2021). 8 Manfaat Penitipan Anak ?untuk Bayi dan Balita. https://www-?procaresoftware-?com.translate.goog/blog/8-benefits-of-?daycare/?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_?x_tr_hl=id&_x_tr_pto=sge

Reski, P., Marnelly, T. R., Risdayati, R., & ?Resdati, R. (2022). Pilihan Rasional ?Orang Tua Menitipkan Anak Di Baby ?Daycare. Generasi Emas, 5(2), 1–10. ?https://doi.org/10.25299/ge.2022.vol5(??2).10469?

Rinta, A. S., Merliya., Salsabila, P. F., ?Nurjannah., & Putri, Y. F. (2022). ?Program Parenting : Kelas Pertemuan ?Orangtua (KPO) Dan Keterlibatan ?Orangtua Dalam Kelompok/ Kelas ?Anak (KOK). Jurnal Multidisipliner ?Kapalamada, 01(02), 269–274.?

Siti, M. (2019). POLA ASUH PEMBINA ?DALAM MENGOPTIMALKAN ?PERKEMBANGAN KOGNITIF ?ANAK DI YAYASAN DAY CARE ?AZZAHRA WAY JEPARA ?LAMPUNG TIMUR. UIN Raden ?Intan Lampung.?

Skeen, S., Levy, M., & Haj-Ahmad, J. ??(2021). Panduan Penyusunan Program ?untuk Pengasuhan Remaja. In Unicef. ?https://www.unicef.org/indonesia/id/media/11091/file/Panduan Penyusunan ?Program Pengasuhan%25?

Sulistiawati, I., Ahmad, U. H., Gulo, S. P., ?& Putri, K. K. (2023). Stimulasi ?Aspek Sosial-Emosional Pada Anak ?Usia Dini. Jurnal Citra Pendidikan, ??3(3), 1125–1138. ?https://doi.org/10.38048/jcp.v3i3.1900?

Tempo.co. (2024). Penganiayaan Anak di ?Daycare. ?https://www.tempo.co/hukum/penganiayaan-anak-di-daycare-dua-kasus-di-?pekanbaru-dan-depok-jadi-sorotan-??27909?

Ulummiyah, F. N. (2024). Kontribusi ?Tempat Penitipan Anak dalam ?Menstimulasi Perkembangan Sosial ?Anak. 7(3), 828–838. ?https://doi.org/10.31004/aulad.v7i3.77??1?

Vandell, D. L., Burchinal, M., & Pierce, K. ?M. (2017). Early Child Care and ?Adolescent Functioning at the End of ?High School: Results from the ?NICHD Study of Early Child Care ?and Youth Development. HHS Public ?Access, 52(10), 1634–1645. ?https://doi.org/10.1037/dev0000169.?

Downloads

Published

2024-12-24

How to Cite

Ayu Lesatari, R. (2024). KONTROL PENGELOLA DAYCARE BANTU WUJUDKAN LAYANAN ‎PENDIDIKAN ANAK USIA DINI YANG CARE. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 12(3), 97–108. https://doi.org/10.32534/jjb.v12i3.6637