FULL DAY SCHOOL SEBAGAI LAYANAN PENDIDIKAN PENGASUH PENGGANTI ORANGTUA BAGI ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK KOTA CIREBON

Authors

  • Fiqih Rachmalia Astrini

DOI:

https://doi.org/10.32534/jjb.v6i1.544

Abstract

Berkembangnya full day school (FDS) pada jenjang pendidikan anak usia dini memberikan angin segar bagi para orang tua yang keduanya bekerja, berkembangnya FDS juga didasari oleh semakin banyak orang tua yang bekerja sehingga tidak dapat menjaga anaknya setelah anak pulang sekolah. FDS menjadi layanan pendidikan bagi anak dalam bentuk pengasuhan di lingkungan sekolah setelah jam belajar berlangsung. Karena FDS dianggap memiliki peran pengasuh pengganti orang tua bagi anak dalam pengasuhan, banyak orang tua yang menjadi lalai terhadap kewajiban utama mendidik anak karena menganggap anaknya telah mendapatkan pendidikan dari guru-guru di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi. Responded dalam penelitian ini yaitu tiga guru dan tiga orang tua siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara tidak terstruktur. Adapun analisis data yang digunakan yaitu analisis data grounded theory. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil bahwa FDS menjadi peran pengasuh pengganti bagi orang tua dalam mendidik anak, namun orang tua menjadi melalaikan kewajiban utama mereka dalam mendidik anak karena menganggap anaknya telah mendapatkan cukup pendidikan selama di sekolah bersama guru.
Keywords: full day school, pendidikan anak usia dini, anak usia dini, pengasuh pengganti, peran pengasuh pengganti.

Downloads

Published

2019-07-05

How to Cite

Astrini, F. R. (2019). FULL DAY SCHOOL SEBAGAI LAYANAN PENDIDIKAN PENGASUH PENGGANTI ORANGTUA BAGI ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK KOTA CIREBON. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 6(1), 4–8. https://doi.org/10.32534/jjb.v6i1.544