ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PENGUATAN MOTIVASI BELAJAR ANAK USIA DINI DI KELOMPOK B KB IZZATUL ISLAM PENGABEAN KECAMATAN LOSARI KABUPATEN BREBES

Authors

  • Dwi Rahayu

Abstract

Permasalahan dari penelitian ini yaitu sebagian besar guru masih rendah dalam memahami kemampuan pedagogik guru, dimana kemampuan pedagogik guru sangat berperan penting terhadap motivasi belajar anak. Penelitian ini berdasar pada teori kompetensi pedagogik guru, dalam Undang Undang No. 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen pada pasal 10 ayat 1 (dalam Payong & Marselus, 2011:28) guru profesioanl harus memiliki kualifikasi akademik minimal S1 atau D-IV dan memiliki empat stadar kompetensi yaitu Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Profesionalisme dan Kompetensi Sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru, untuk mendeskripsikan motivasi belajar siswa, dan untuk menggambarkan kompetensi pedagogik guru dalam menguatkan motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Adapun instrumen yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan tahap reduksi, display dan verifikasi. Temuan dalam penelitian ini adalah kemampuan kompetensi pedagogik guru dalam penguatan motivasi belajar anak usia dini. Kesimpulan dari temuan dalam penelitian ini adalah bahwa kemampuan kompetensi pedagogik guru dapat menguatkan motivasi belajar anak pada kelompok B KB Izzatul Islam Pengabean.

Keywords:

kompetensi pedagogik guru, motivasi belajar, anak usia dini.

References

Anggi Felisa, Jihan. ”Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Raudhathul Athfal Di Ciputat timur”. 2018.
Arifin, Fadulah. ”Kompetensi Pedagogik Guru Paud Dalam Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Happy Kids Kuala Tungkal Tanjung Jabung Barat”. 2020.
Dinda, Sarah. “ KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS VIII DI SMP NEGERI 29 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018” . 2018.
Hijriati. ”Analisis Kompetensi Guru Paud Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Anak Usia Dini Di Tk IT Salman Al-Farisi 1Yogyakarta”. 2016.
Risaldi, Ahmad. “Pengaruh kompetensi pedagogik Guru Terhadap Hasil Belajar Murid SD Inpres Maraula Kabupaten Barru”. 2018.
Rofia Ranikasari, Sohha. ”Kompetensi Pedagogik Guru Paud Dalam Mengevalusi Pembelajaran Anak Usia Dini”. 2019.
Sarita Khairil, Disti. ”Kemampuan Pedagogik Guru Dalam Proses Pembelajaran Di Tk Assalam 2 Sukarame Bandar Lampung”. 2021.
Wilantika, Wiwin. ”Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Di TK Pertiwi 1 Sumber Rembang Tahun Pelajaran 2020/2021”. 2021.
Daswati. ”Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Metode Bernyayi Di Ra An Nur Jakarta Barat”. 2019.

Downloads

Published

2023-08-15

How to Cite

Rahayu, D. (2023). ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PENGUATAN MOTIVASI BELAJAR ANAK USIA DINI DI KELOMPOK B KB IZZATUL ISLAM PENGABEAN KECAMATAN LOSARI KABUPATEN BREBES. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 11(2). Retrieved from https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JJB/article/view/4637