PENGARUH GAME WORDWALL TERHADAP PENGETAHUAN PERSONAL SAFETY SKILL ANAK USIA DINI

Authors

  • Deasti Putri

Abstract

Isu kekerasan terhadap anak masih menjadi masalah kritis yang harus segera di tangani. Fenomena kekerasan seksual ini disebabkan oleh banyak penyebab. Salah satu penyebabnya karena kurangnya pembelajaran keterampilan keselamatan diri pada anak. Untuk mengurangi kasus child sexual abuse, penting bagi orang tua maupun pendidik untuk mengajarkan anak-anak tentang cara melindungi diri sendiri. Termasuk dengan memberikan mereka pengetahuan dan mengajarkan mereka cara menghargai diri sendiri melalui media pendidikan. Salah satunya adalah media pendidikan berupa permainan wordwall. Tujuan pada penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh permainan wordwall dalam pembelajaran di TK ‘‘Aisyiyah Bustanul Athfal Kota Cilegon tentang keamanan diri. Penelitian berjenis kuantitatif eksperimen ini memakai desain one-group pretest-postest design. Terdapat 48 siswa di TK ‘‘Aisyiyah Bustanul Athfal Kota Cilegon, dengan sampel sebanyak 36 siswa di antaranya berusia antara 5 dan 6 tahun. Data survei dilengkapi dengan dokumen, tes, dan metode wawancara. Uji analisis prasyarat yang digunakan adalah normalitas dan homogenitas. Selain itu, dalam penelitian ini, hipotesis N-Gain dan paired sample t-test digunakan sebagai uji hipotesis. Berdasarkan paired sample t-test, hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak berusia 5 hingga 6 tahun di TK ‘‘Aisyiyah Bustanul Athfal Kota Cilegon menunjukkan perbedaan signifikan antara permainan wordwall dan kemampuan dalam keterampilan keselamatan diri. Diperoleh nilai Sig. (2-tailed) adalah sekitar 0.000<0.05, yang menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Ini menunjukkan bahwa sekitar 75% penggunaan permainan wordwall meningkatkan pemahaman seorang anak tentang keterampilan keselamatan diri. Dengan demikian, anak-anak berusia antara 5 dan 6 tahun di TK ‘‘Aisyiyah Bustanul Athfal Kota Cilegon menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman mereka tentang keterampilan keselamatan diri.

Keywords:

Anak Usia Dini, Permainan Wordwall, Keterampilan Keselamatan Diri.

References

Bagley,C & Kathleen, K. (2004). Child Sexual Abuse: the search for healing. Routledge.
Helwanti, J. (2019). Penerapan Media Animasi Dalam Meningkatkan Bahasa Anak Pada Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Bela Bangsa Mandiri Tanjung Senang Bandar Lampung.
Indraswati, I. (2022). Kasus Pelecehan Seksual di dominasi oleh Pelecehan Seksual Terhadap Anak di Bawah Umur.
KEMENPPA. (2022). SIMFONI-PPA. Retrieved from https://kekerasan.kemenpppa.go.id/ringkasan
Kendall, P. . (2012). Child and Adolescent Therapy : Cognitive-Behavioral Procedures. The Guildford Press.
Kepala Sekolah TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal Kota Cilegon. (2023). Pentingnya Pendidikan seksual pada anak usia dini.
Mutiah, D. (2015). Psikologi Bermain Anak Usia Dini.
Nasihin, H. (2023). Metode Penelitian (Kualitatif, Kuantitatif, Eksperimen, dan R&D). Global Eksekutif Teknologi. https://books.google.co.id/books?id=w-bFEAAAQBAJ&lpg=PA1&ots=vRP0jHiZXO&dq=jurnal penelitian kuantitatif eksperimen&lr&hl=id&pg=PA1#v=onepage&q=jurnal penelitian kuantitatif eksperimen&f=false
Nasrudin, J. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan : Buku Ajar Praktis Cara Membuat Penelitian (M. Taufik (ed.)). PT Panca Terra Firma. https://books.google.co.id/books?id=j-igDwAAQBAJ&lpg=PP1&hl=id&pg=PR1#v=onepage&q&f=false
Siti Aviva Purwati, Mallevi Agustin Ningrum, S.Pd, M. P. (2022). Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android Dalam Menstimulasi Pemahaman Pendidikan Seks Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal PAUD Teratai, 11, 179–186.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Susanti, R. (2013). Penerapan Pendekatan
Journal Jendela Bunda PG PAUD UMC
Hal. x – xx
13
ISSN : 2685-564X (Online)
Copyright © 2023 Jurnal Jendela Bunda Universitas Muhammadiyah Cirebon
Demonstrasi Interaktif untuk Meningkatka Pemahaman Konsep Fisika Siswa SMA. Universitas Pendidikan Indonesia, 19–29. reprository.upi.edu
Usmadi, U. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas Dan Uji Normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1), 50–62. https://doi.org/10.31869/ip.v7i1.2281

Downloads

Published

2023-08-15

How to Cite

Putri, D. (2023). PENGARUH GAME WORDWALL TERHADAP PENGETAHUAN PERSONAL SAFETY SKILL ANAK USIA DINI. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 11(2). Retrieved from https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JJB/article/view/4630