PEMANFAATAN CHANNEL TV SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI ANAK USIA DINI

Authors

  • Venty Indah Puspitasari universitas pancasakti bekasi
  • Sri Watini Universitas Pancasakti

DOI:

https://doi.org/10.32534/jjb.v9i2.2642

Abstract

Abstrak

Perkembangan bahasa merupakan media yang efektif bagi anak dalam menjalin komunikasi sosial. Dalam stimulasi perkembangan bahasa anak, pendidik dapat memberikan pengalaman-pengalaman belajar kepada anak yang mendorong penggunaan bahasa secara efektif dalam berbagai kegiatan sekolah. Selama daring (pembelajaran dari rumah), anak akan terbiasa berkomunikasi melalui penggunaan media digital. Namun, seringnya penggunaan teknologi seperti gadget, smartphone dan minimnya pengawasan serta pendampingan orangtua membuat kemampuan komunikasi anak kurang berkembang secara optimal. Salah satu media di era digitalisasi ini yang dinilai sangat sesuai untuk pengembangan kemampuan komunikasi anak usia dini adalah adanya TV sekolah dengan memanfaatkan Fitur "Panggung Sekolah" pada Channel TV Sekolah yang berupa Siaran Streaming. Penelitian dilakukan untuk mengetahui apakah TV Sekolah memberikan dampak terhadap kemampuan komunikasi anak usia dini dengan penggunaan metode kualitatif deskriptif. Peneliti menggunakan guru sebagai informan. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa TV Sekolah dapat memotivasi anak untuk meningkatkan kemampuan komunikasinya, dengan cara menjadikan TV sebagai media untuk anak dapat mempresentasikan kegiatannya melalui video dan guru sebagai operator TV sekolah memasukkan videonya ke dalam tayangan TV Sekolah.

Kata Kunci : Anak Usia Dini; Keterampilan komunikasi; TV Sekolah

Abstract

Language development is an effective medium for children in establishing social communication. In stimulating a child's language development, educators can provide learning experiences to children that encourage the effective use of language in various school activities. During online (learning from home), children will get used to communicating through the use of digital media. However, the frequent use of technology such as gadgets, smartphones and lack of parental supervision and assistance make children's communication skills less developed optimally. One of the media in this era of digitalization that is considered very suitable for the development of early childhood communication skills is the existence of school TV by utilizing the "School Stage" feature on the School TV Channel in the form of Streaming Broadcast. Research was conducted to find out whether School TV has an impact on early childhood communication skills with the use of descriptive qualitative methods. Researchers use teachers as informants. While the data collection technique is done through interviews and documentation. From the results of the research found that School TV can motivate children to improve their communication skills, by making TV as a medium for children to present their activities through video and teachers as school TV operators include their videos into school TV shows.

Keywords : Early Childhood; Communication skills; School TV

                                                          

Keywords:

kemampuan komunikasi, anak usia dini, tv sekolah, teknologi anak usia dini, inovasi pembelajaran, media pembelajaran

References

Cangara, Hafied. (2006). Pengantar Ilmu

Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo

Persada

Dhieni, Nurbiana dkk. (2013). Metode

Pengembangan Bahasa.Tangerang

Selatan: Universitas Terbuka

Elizabeth B. Hurlock. (1978).

Perkembangan Anak, Edisi

Keenam. Jakarta: Erlangga

Hildayani, Rini, dkk. (2009). Psikologi

Perkembangan Anak. Jakarta:

Universitas Terbuka

Iriantara. Y. (2014). Komunikasi

Pembelajaran. Bandung: Simbiosa

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (1991).

Departemen Pendidikan dan

Kebudayaan. Balai Pustaka

Logan, Lilian M, dkk. (1972). Creative

Communication, Teaching the

Language Arts

Martini Jamaris. (2006). Perkembangan

dan Pengembangan Anak Usia

Taman Kanak-kanak. Jakarta:

Grasindo

MS Sanityastuti. (2016). Literasi media:

Upaya Menyikapi Tantangan

Televisi. Profetik: Jurnal

Komunikasi UIN. Vol. 7, No. 2.

Otto. B. (2015). Perkembangan Bahasa

Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana

Pratikto. (2000). Lingkaran-Lingkaran

Komunikasi. Bandung: Alumni.

Rita Kurnia. (2009). Metodologi

Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Pekanbaru: Cendikia Insani

Sobur, Alex. (2016). Psikologi Umum.

Bandung: Pustaka Setia.

Susanto, Ahmad. (2012). Perkembangan

Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana

Watini, Sri. (2019). Pendekatan

Kontekstual dalam Meningkatkan

Hasil Belajar Sains pada Anak Usia

Dini. Jurnal Obsesi, Vol 3 No. 1.

Watini, Sri, dkk. (2020). Pemegang Hak

Cipta TV Sekolah. No. Pencatatan:

Jakarta

Yawkey, Thomas D, dkk, (1981),

Languange Arts and the Young

Child. Illinois: Peackok Publisher

Downloads

Published

2022-03-17

How to Cite

Puspitasari, V. I., & Watini, S. (2022). PEMANFAATAN CHANNEL TV SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI ANAK USIA DINI. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 9(2), 1–11. https://doi.org/10.32534/jjb.v9i2.2642