KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PAUD SELAMA MASA PANDEMI DI KOTA KUPANG
DOI:
https://doi.org/10.32534/jjb.v9i2.2534Abstract
Penyebaran Covid-19 telah mendistorsi sistem pendidikan dalam sejarah manusia, terutama terhdap kompetensi profesional guru dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kompEtensi profesional guru dalam melaksanakan kegiatan bersama anak selama masa pandemi. Jenis penelitian yang digunakan ialah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu 1 orang guru dari 10 TK di Kota Kupang. Teknik pengumpulan data berupa wawancara. Wawancara dilakukan secara langsung di sekolah dengan meminta kesediaan terlebih dahulu kepada guru. Teknik analisis dalam penelitian menggunakan Analysis Interactive; terdiri dari data collection (pengumpulan data), data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclutions (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian menggambarkan adapun kompetensi profesioanal guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran bersama anak selama masa pandemik: melakukan Refleksi untuk pengembangan diri secara mandiri, Kematangan spiritual, moral, dan emosi, untuk berperilaku sesuai kode etik guru, Bekerja berorientasi pada anak, Melakukan pengembangan potensi secara gotong royong untuk menumbuhkan perilaku kerja.
Keywords:
Kompetensi profesional, Guru, PandemiReferences
Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2020). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579
Dhawan, S. (2020). Online Learning: A Panacea in the Time of COVID-19 Crisis. Journal of Educational Technology Systems, 49(1), 5–22. https://doi.org/10.1177/0047239520934018
Huberman, M. M. A. M. (1994). Qualitative Data Analysis. In CEUR Workshop Proceedings (pp. 89–92).
Kemendikbud. (2020). Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2O2O, 021, 1–20.
Minicozzi, L. L. (2016). The garden is thorny: Teaching kindergarten in the age of accountability. Global Studies of Childhood, 6(3), 299–310. https://doi.org/10.1177/2043610616664817
Nations, U. (2020). Policy Brief: Education during COVID-19 and beyond. Revista Iberoamericana de Tecnología En Educación y Educación En Tecnología, 26, e12. https://doi.org/10.24215/18509959.26.e12
Nirmala, B., & Annuar, H. (2020). Home Visit: Strategi PAUD dari Rumah bagi Guru di Daerah 3T pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1052–1062. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.716
Pokhrel, S., & Chhetri, R. (2021). A Literature Review on Impact of COVID-19 Pandemic on Teaching and Learning. Higher Education for the Future, 8(1), 133–141. https://doi.org/10.1177/2347631120983481
Roza, D., Nurhafizah, N., & Yaswinda, Y. (2019). Urgensi Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini dalam Penyelenggaraan Perlindungan Anak. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 277. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.325
Setyowahyudi, R., & Ferdiyanti, T. (2020). Keterampilan Guru PAUD Kabupaten Ponorogo Dalam Memberikan Penguatan Selama Masa Pandemi COVID-19. 04(1), 100–111.