METODE BLENDED LEARNING UNTUK PEMAHAN KONSEP PECAHAN PADA ANAK

Authors

  • Syifa Nafisah

Abstract

Blended learning merupakan tren pendidikan yang sedang marak dibicarakan saat ini. Pembelajaran yang merupakan kombinasi antara pengajaran secara langsung dengan guru dan pembelajaran mandiri secara online adalah pengertian dari blended learning. Dimana pada masa pandemi Covid – 19 ini cocok untuk diterapkan. Tujuan dari adanya penelitian ini ialah untuk meningkatkan dan memperdalam pemahaman siswa terhadap konsep pecahan pada pembelajaran matematika kelas 4. Kelompok populasi terdiri atas 20 siswa kelas 4 dari SDN Depok 5. Sampel dibagi atas dua grup yaitu grup eksperimen dan grup control. Grup eksperimen memakai metode blended learning sedangkan grup control memakai metode konvensional. Teknik pengumpulan data memakai pre – test dan post – test, kemudian data dianalisis menggunakan Teknik data kuantitatif. Temuan ini mengungkapkan bahwa penggunaan metode blended learning memiliki dampak yang menguntungkan pada siswa.  Siswa yang diberikan pembelajaran blended learning dapat belajar dan memahami konsep dengan lebih baik dibandingkan siswa yang diberikan pembelajaran secara konvensional.

 

Keywords:

blended learning 1, materi pecahan 2, pemahaman konsep 3

References

Banditvilai, C. (2016). Enhancing students’ language skills through blended learning. The Electronic Journal of e-Learning, 14(3), 220–229.
Candra, N. (2016). Sekolah Nir Kekerasan: Inspirasi Sekolah Menyenangkan dari Empat Benua. Yogyakarta: Ifada Press.Google Scholar
Heruman. 2008. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Karso. 2004. Pendidikan Matematika 1. Jakarta: Universitas Terbuka.
Kashefi, H., Ismail, Z., Yusof, Y. M., & Rahman, R. A. (2012). Supporting students mathematical thinking in the learning of two-variable functions through blended learning. Procedia:Social and Behavioral Science, 46, 3689-3695.
Lalima, L., & Dangwal, K. L. (2017). Blended learning: An innovative approach. Universal Journal of Educational Research, 5, 129-136. DOI: https://doi.org/10.13189/ujer.2017.050116
Lin, Y.; Tseng, C.; Chiang, P. (2017). The Effect of Blended Learning in Mathematics Course, EURASIA Juornal of Mathematics Science and Technology Education, 13(3), 743-747, DOI: https://doi.org/10.12973/eurasia.2017.00641a
Setyaningrum, W. (2018). Blended Learning : Does it help students in understanding mathematical concepts?, Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(2), 245-247, DOI: https://doi.org/10.21831/jrpm.v5i2.21428
Yanti, M. T., Kuntarto, E., & Kurniawan, A. R. (2020). Pemanfaatan Portal Rumah Belajar Kemendikbud sebagai Model Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. ADI WIDYA: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 61–68. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25078/aw.v5i1.1306

Downloads

Published

2021-09-01

How to Cite

Nafisah, S. (2021). METODE BLENDED LEARNING UNTUK PEMAHAN KONSEP PECAHAN PADA ANAK. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 9(1), 74–81. Retrieved from https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JJB/article/view/2131