PEMBELAJARAN MEMBACA MELALUI MEDIA PERMAINAN BAGI SISWA PAUD AL-FITRAH KECAMATAN PALIMANAN KABUPATEN CIREBON
DOI:
https://doi.org/10.32534/jjb.v6i2.1358Abstract
Tujuan yang hendak dicapai dalain penelitian ini adalah untuk mendapatkan pola-pola pelaksanaan pembelajaran membaca melalui media permainan bervariasi. Adapun manfaat hasil penelitian yakni dapat mcningkatkan kemampuan guru dalam melakukan perubahan untuk perbaikan pembelajaran pendidikan Bahasa Indonesia khususnya di sekolah PAUD, sehingga dapat menumbuhkan minat aktivitas dan hasil kernampuan siswa terhadap pembelajaran membaca dengan menerapkan pola-pola dan media perrnainan yang bervariasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Proses penilaian berlangsung beberapa kali pengamatan melalui penelitian dengan kcgiatan di kelas atau di luar kelas, pengujian atas pemctaan yang terdiri dari RKH yang merupakan rincian dari program RKM dan bagian pemetaan dari program bulanan semesteran.
Selama proses penelitian berlangsung, guru menunjukkan beberapa peruhahan secara bertahap dan meningkat dari mulai pengembangan strategi yang mcliputi pengorganisasian materi, pemilihan metode dan media permainan yang bervariasi serta evaluasi kemampuan siswa dalam membaca yang berintegrasi dengan kemampuan komunikasi, kemampuan mendengar, kemampuan pemahaman instruksi, kemampuan berbicara, dan kemampuan memahami gambar.
Dengan demikian hasil penelitian mengatakan bahwa tingkat kemampuan membaca pada anak-anak PAUD dengan menggunakan media permainan sebagai sarana pembelajarannya menunjukkan segala perkembangan yang positif bahkan sangat inembantu anak-anak PAUD dalam mengembangkan segala potensinya secara baik dan terarah yang memberikan dampak positif dalam peningkatan pembelajaran di lingkungan PAUD. Karena tidak menutup kemungkinan media permainan menjadi kebutuhan primer dalam proses pembelajaran membaca bagi anak-anak usia PAUD. Untuk itu peranan media permainan harus dimanfaatkan seoptimal mungkin oleit para guru juga dalam pemilihan media permainan pun harus sesuai dengar karakter anak sebagai peserta didik.
Keywords:
Pola Pembelajaran, Media Pembelajaran Permainan, Instrumen KurikulumReferences
Arikunto, Suharsimi, 2002. Prosedur penelitian Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.
Baradja, M.F, 2002. Sekilas Mengenai Penelitian Kelas. Makalah Disajikan dalam
Kuliah Perdana Mahasiswa PPS UM 6 September 2000.
Bidang Kajian PAUD, 2007. Konsep dan Wawasan Pendidikan Anak Usian dini,
Bandung : BP PLSP Regional II.
Bruner, J. 1972. Natur and Uses of Immaturity. American Psychologist (Agust),
687-707.
………1983. Play. Tahouhg ang Language. Peabody Journal of Education. 60, 60-69.
………1983. Child’s talk: Leraning to use Language. New York . W.W. Noroton &
Company.
Dhieni, Nurbiana dkk, 2005, Metode Pengembangan Bahasa, Pusat Penerbitan UT, Jakarta.
Erni, Sukma, Implementasi Strategi Pembelajaran Inkuiri Dalam Mata Pelajaran
IPS SD Kurikulum KTSP, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska
Riau, e-mail: ernie@yahoo.com.
Fakhruddin, Asef Umar. 2010. Sukses Menjadi Guru TK-PAUD. Jogyakarta:
Penerbit Bening.
Fuller, Cheri. 2010. Sekolah Berawal Dari Rumah. Bandung: Penerbit Khasanah Bahari.
Kurikulum Taman Kanak-Kanak. 2010. Pedoman Pengembangan Silabus di
Taman Kanak-Kanak, Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.
……………………………………… 2010. Pedoman Pengembangan
Pembelajaran Kurikulum Taman Kanank-Kanak, Jakarta: Kementerian
Pendidikan Nasional.
……………………………………… 2010. Pedoman Penilaian di Taman Kanak-Kanak, Jakarta:
Kementerian Nasional.
Musthafa, Bachrudin. 2008. Dari Literasi Dini ke Literasi Teknologi. Bandung: Penerbit
Yayasan CREST.
Santoso, Soegeng, 2005. Dasar-dasar Pendidikan TK, Pusat Penerbitan UT,
Jakarta.
Sumarni, Sri. 1994. Perkembangan Kemampuan Membaca Pada Anak Usia Prasekolah.
Bandung: Program Pasca Sarjana IKIP Bandung.
Suparti, Membangun Karakter Peserta Didik Mampu Berbahasa Melalui Pembelajaran
Language Experience Approach, UPBJJ-UT Surabaya, ttd