PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN MELALUI EKSTRA KURIKULER MARCHING BAND DI RA AKMALA SABILA KECAMATAN TALUN KABUPATEN CIREBON

Authors

  • Andi Ali Kisai Universitas Muhammadiyah Cirebon

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang pendidikan karakter disiplinmelalui ekstra kurikuler Marching Banddi RA Akmala Sabila Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif.  Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi dan pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan perencanaan pendidikan karakter disiplin dilakukan dengan beberapa persiapan yang meliputi unsur-unsur yang terlibat di dalam kegiatan marcing band, diantaranya; sarana untuk kegiatan beserta alat-alat yang digunakan, pelatih yang profesional dan adanya kesiapan dari para orang tua untuk berkomitmen dengan pihak sekolah dalam mendukung program kegiatan ekstra kurikuler marching band disertai dengan upaya memberikan latihan secara konsisten.

Penerapan pendidikan karakter disiplin dalam ekstra kurikuler marching bandmemiliki langkah-langkah yang dilakukan dari mulai datang tepat waktu sampai dengan selesai latihan.

Keberhasilan pendidikan karakter disiplin melaluikegiatanekstrakurikuler marching band, diantaranya adalah memiliki kedisiplinan waktu, sikap dan mentaati peraturan di sekolah.

 

Kata Kunci: Pendidikan, Karakter, Marching Band.

Downloads

Published

2020-06-12

How to Cite

Kisai, A. A. (2020). PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN MELALUI EKSTRA KURIKULER MARCHING BAND DI RA AKMALA SABILA KECAMATAN TALUN KABUPATEN CIREBON. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 8(1), 14–31. Retrieved from https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JJB/article/view/1077