Transformasi Pelayanan Publik Menuju Era Data Technology di Masa New Normal

Authors

  • Misna Intan Purnama Sari
  • Rafli .
  • Marham Haris Saputra

Abstract

Pandemi Covid-19 telah mengubah birokrasi pemerintahan di Indonesia dengan memasuki era New Normal. Birokrasi pemerintah terpaksa beradaptasi dengan situasi New Normal. Untuk itu, pemerintah berupaya memberikan pelayanan publik berbasis teknologi, namun secara tidak sengaja mengarahkan pelayanan ke era Teknologi Data. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan transformasi yang dilakukan pemerintah dalam memberikan layanan di era New Normal melalui inovasi berbasis data digital. Penelitian ini menggunakan metode literature review dengan melakukan penelusuran artikel mengenai topik inovasi yang dilakukan pemerintah daerah dalam menghadapi era new normal. Studi ini akan memberikan data yang relevan dari literatur bagaimana upaya pemerintah di era New Normal menciptakan inovasi pelayanan publik. Inovasi yang dilakukan

 

berupa perubahan tatanan pelayanan administrasi berbasis teknologi. Perubahan pelayanan publik juga ditandai sebagai cikal bakal penerapan era Big Data atau era Data Technology.

Kata Kunci : Pelayanan publik, New Normal, Data Technology.

Downloads

Published

2022-03-25

How to Cite

Sari, M. I. P., ., R., & Saputra, M. H. (2022). Transformasi Pelayanan Publik Menuju Era Data Technology di Masa New Normal. Prosiding Ilmu Pemerintahan, 1(1), 243–257. Retrieved from https://e-journal.umc.ac.id/index.php/IP/article/view/2713

Issue

Section

Articles