Transformasi Pelayanan Publik Kabupaten Ponorogo di Era Transisi Masa New Normal
Abstract
Pandemi Covid-19 yang ada telah menyebabkan dampak yang signifikan bagi kehidupan masyarakat di seluruh dunia termasuk negara Indonesia. Salah satu dampaknya berpengaruh pada segala bentuk Pelayanan publik dimana lebih diberikan jarak dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat, yang semula dilakukan dengan bertatap muka secara langsung kini jumlahnya telah dibatasi dan mulai beralih kepada pelayanan publik secara online. Pada kondisi seperti ini kehadiran layanan pemerintah harus segera bertransformasi dalam bentuk online atau daring. Dimana, penerapan teknologi dalam pelayanan publik ini memerlukan adanya sebuah inovasi yang kreatif, mudah dan dapat dijangkau oleh semua kalangan masyarakat. Sebagai seorang generasi muda, kita perlu ikut berkontribusi dalam merealisasikan inovasi tersebut. Pemerintah daerah yang berinteraksi secara langsung dengan masyarakat sudah melakukan pelayanan publik melalui beberapa aplikasi yang digunakan untuk mengurus beberapa dokumen kependudukan, salah satunya di Kabupaten Ponorogo. Namun, walaupun begitu banyak kendala yang ada didalam Pelayanan Publik seperti kurangnya pemahaman masyarakat mengenai pelayanan yang ada. Sehingga, kami ingin mengadakan sebuah penelitian lebih lanjut guna mengatasi permasalahan yang ada dan dapat menciptakan sebuah inovasi terbaru. Pada penelitian ini kami memakai metode penelitian secara deskriptif kualitatif menggunakan jenis penelitian kepustakaan. Desain penelitian ini dilakukan menggunakan beberapa tahapan seperti menelusuri, mencatat, dan membaca berbagai sumber terkait yang mempunyai kebenaran serta data akurat. Adapun tujuan dari adanya penelitian ini berguna untuk menelaah transformasi pelayanan publik di Masa New Normal melalui E-Goverment sehingga diharapkan dapat menghasilkan sebuah informasi yang akurat serta terpercaya dan dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.
Kata Kunci : Covid-19, Pelayanan Publik, Inovasi, Teknologi