Transformasi E-governance dalam Pelayanan Publik di Era New Normal
Abstract
Pandemi Covid-19 telah mengubah seluruh tatanan dunia termasuk juga Indonesia. Kenormalan baru telah diberlakukan di Indonesia dan telah mempengaruhi berbagai aspek dan pemerintahannya. Hal ini mendesak pemerintah segera melaksanakan reformasi dan perubahan kebijakan serta meningkatkan pelayanan publik demi kepentingan rakyat Indonesia. Perubahan model layanan akibat pandemi COVID-19 memungkinkan masyarakat dan pemerintah beradaptasi bersama gaya hidup maupun norma baru. Seiring bersama penerapan Kenormalan baru, diberikan layanan masyarakat yang membatasi interaksi sosial bersama menerapkan protokol kesehatan yang ketat demi mencegah penyebaran COVID-19. Pemerintah telah mengembangkan kebijakan tersebut sebagai layanan online inovatif yang mudah diakses dan dipahami oleh masyarakat. Tujuan dibuatnya paper ini demi mengetahui government Covid-19 transition dalam pelayanan public dalam masa kenormalan baru. Metode yang digunakan ialah literature review, bersama mengunakan pendekatan kualitatif terhadap kebijakan yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pemerintah telah melakukan transformasi kebijakan pada pelayanan publik di masa kenormalan baru.
Kata kunci : Pelayanan Publik, New Normal, Transformasi Pelayanan Publik