IMPLEMENTASI PELAYANAN PUBLIK DALAM BIDANG KESEHATAN DI ERA NEW NORMAL
Abstract
Pandemi Covid-19 yang melanda berbagai belahan dunia tak terkecuali dengan Indonesia, telah menyebabkan perubahan dari berbagai aspek, banyak dampak yang telah disebabkan dengan adanya pandemi ini, virus ini menuntut kepada pemerintah untuk mengubah sistem pelayanan terhadap masyarakat sebagai bentuk dukungan dari penanggulangan Covid-19. Terutama pada bidang kesehatan yang sangat berpengaruh, program-program bidang kesehatan kini berfokus pada penanggulangan Covid-19. Dan baru-baru ini pemerintah telah mengeluarkan kebijakan baru, dimana pemerintah meminta kepada masyarakat agar “berdamai” dengan Covid-19 dengan gaya hidup new normal atau pola hidup baru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis adanya perubahan bentuk pelayanan publik yang ada di Indonesia pada saat pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian secara kualitatif deskriptif. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan telaah dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi. Hasil penelitian sebagaimana sudah terlaksana semua tentang efektifitas pelayanan publik di bidang kesehatan dalam upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat di masa pandemi Covid-19 ini. Meskipun begitu, kehidupan masyarakat tidak sama dengan kehidupan sebelum adanya Covid 19. Hidup dengan cara new normal yang disebutkan disini adalah hidup kembali seperti biasa tetapi dengan peraturan yang baru, pola hidup baru yang harus menerapkan protokol kesehatan. Masyarakat juga dituntut harus terbiasa dengan kebiasan baru seperti mencuci tangan, menggunakan masker, menjaga jarak dan menjaga daya tahan pada tubuh. Kebijakan pada era new normal dengan adanya penerapan protokol kesehatan dari pemerintah seperti saat ini tentu saja berdampak pada akses pelayanan publik yang menjadi terbatas pada masyarakat. Dengan begitu pemerintah dapat memaksimalkan pelayanan publik dengan menggunakan sistem online seperti yang sudah terjadi saat ini. Tetapi semua itu harus dibantu dengan pembahasan atau sosialisasi agar semua masyarakat faham dan bisa mengakses layanan publik ini dengan baik dan benar.
Kata kunci: New normal, Pelayanan public dan Kesehatan.