Game Edukasi Kebersihan Lingkungan Hidup

Authors

  • Agust Isa Martinus

Abstract

Game Anak usia dini merupakan individu yang sedang mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat. Bahkan dikatakan sebagai lompatan perkembangan. karena itulah masa usia dini dikatakan sebagain masa keemasan (golden age) dimana sangat baik untuk membentuk karakter anak.

Pengenalan akan pendidikan lingkungan hidup atau kebersihan lingkungan hidup pada anak usia dini sangat diperlukan bagi pembentukan kepribadianya kelak, agar terciptanya masyarakat yang peduli tentang lingkungan karna diusia dini anak – anak adalah peniru yang baik.

Aplikasi yang dibuat adalah game edukasi kebersihan lingkungan hidup yang di beri nama game buang sampah. Game yang dibuat menggunakan game engine Construct 2, dan berjalan pada perangkat PC atau laptop. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara studi literatur, observasi, dan kuisioner, sedangkan metode yang digunakan adalah prototipe.

Aplikasi game buang sampah berbasis desktop ini dapat menjadi sarana sebagai konsep bermain sambil belajar bagi anak – anak usia dini, khususnya di TK Tarbiyatul Mutaalimin Desa Cangko yang mudah di pahami dan dimengerti, diharapkan agar anak – anak dapat sadar akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan hidupnya dan melestarikannya serta mengembangkan karakter anak yang peka terhadap kebersihan lingkungan.

Kata Kunci : Anak Usia Dini, Kebersihan Lingkungan, Game Edukasi

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2018-08-21