PENERAPAN SITUATION-BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Ropiah Ropiah Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Hanikah Hanikah Universitas Muhammadiyah Cirebon

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis
siswa kelas VI melalui penerapan pembelajaran Situation-Based Learnig pada layanan guru
kunjung di masa pandemi covid-19. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas menggunakan model spiral Kemmis & Taggart, yang terdiri dari dua siklus.
Setiap siklus terdiri empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, refleksi, dan observasi.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 2 Kenanga Kabupaten Cirebon
yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi tes dan observasi. Instrumen
yang digunakan adalah soal tes, lembar observasi aktivitas siswa dan guru. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa 1). Terjadi peningkatan nilai rata-rata kelas dari 62,87 pada pra siklus
menjadi 74,96 pada siklus I dan 84,43 pada siklus II. 2). Jumlah siswa yang tuntas belajar
meningkat dari 9 sisiwa (39%) pada pra siklus menjadi 17 siswa (74%) pada siklus I dan 20
siswa (87%) tuntas pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran
dengan menerapkan model Situation-Based Learning dapat meningkatkan kemampuan
pemecahan masalah matematis pada masa pandemi covid-19

Downloads

Published

2023-09-25