Penggunaan Media Ular Tangga Dalam Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Literasi Dan Numerasi Di Sdn 2 Kenanga Kelas 5

Authors

  • Rina Novi Rosiana Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Sri Indah Lestari Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Yana Yana Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Widia Nur Jannah Universitas Muhammadiyah Cirebon

Abstract

Ular tangga adalah permainan papan untuk anak-anak yang dimainkan oleh 2 orang atau lebih. Papan permainan dibagi dalam kotak mungil serta pada beberapa kotak digambar sejumlah tangga serta ular yang menghubungkannya menggunakan kotak lain. Tujuan permainan ular tangga ini yaitu untuk memberikan motivasi belajar kepada peserta didik agar senantiasa menelaah atau mengulang kembali materi-materi yang telah dipelajari sebelumnya yang nantinya akan diuji melalui permainan, sehingga terasa menyenangkan bagi siswa. Penelitian ini bertujuan mengetahui efektifitas penggunaan media ular tangga pada kelas lima dalam pembelajaran tematik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, subjek penelitiannya adalah peserta didik kelas lima di SDN 2 Kenanga. Instrumen yang digunakan observasi, yang diharapkan dari penelitian ini yaitu siswa dapat meningkatkan kemampuan literasi serta numerasi dengan baik.

Kata kunci: Tematik, ular tangga, literasi, dan numerasi.

Downloads

Published

2022-12-15