Pengaplikasian Budaya Literasi Terhadap Pembiasaan Gerakan GEMASAKU (Gemar Membaca Satu Buku) di SD Negeri 1 Tukmudal
Abstract
Keterampilan membaca berperan penting dalam kehidupan karena pengetahuan serta wawasan yang luas dapat diperoleh dari membaca. Oleh karena itu, keterampilan membaca ini harus dikuasai peserta didik untuk membiasakan budaya membaca. Di SD Negeri 1 Tukmudal sendiri minat membaca peserta didik masih rendah hal ini dikarenakan banyak peserta didik yang masih malas membaca. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaplikasian budaya literasi terhadap pembiasaan Gerakan Gemasaku (Gemar Membaca Satu Buku) di SD Negeri 1 Tukmudal. Peran warga sekolah sangatlah dibutuhkan dalam pelaksanaan program ini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa minat serta keterampilan peserta didik dalam membaca di luar jam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) masih sangat rendah. Maka dari itu melalui program pembiasaan gerakan GEMASAKU diharapkan peserta didik dapat menanamkan kebiasaan membaca dalam diri peserta didik. Dengan gerakan pembiasaan GEMASAKU ini, diharapkan sekolah bisa menjadi taman belajar yang nyaman dan menyenangkan sehingga wawasan dan pengetahuan peserta didik semakin luas. Dengan demikian kualitas pendidikan Indonesia terus meningkat.
Kata kunci: Literasi, gemasaku, minat membaca, peserta didik, pojok baca.