Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik Tingkat Dasar Melalui Penanaman Nilai-Nilai Karya Sastra
Abstract
Keberlangsungan pendidikan di Indonesia tengah dihadapkan pada situasi yang kurang baik. Berbagai ungkapan terlontar untuk mendeskripsikan betapa parahnya dekadensi moral siswa di negeri ini. Sudah sewajarnya apabila sebagian besar masyarakat menilai bahwa lembaga pendidikan di Indonesia kurang mampu membawa perubahan dalam pembentukan moralitas siswa. Sejatinya, pendidikan karakter dapat diintegrasikan melalui pembelajaran khususnya karya sastra yang begitu erat kaitannya dengan pendidikan nilai karakter. Tulisan ini mencoba menuangkan beberapa gagasan tentang bagaimana upaya dalam menanamkan nilai karakter bagi siswa Sekolah Dasar melalui pembelajaran karya sastra. Adapun yang dapat diupayakan antara lain melalui Puisi, drama, cerpen, novel dan pantun. Dengan demikian, nilai tersebut dapat menyentuh pada siswa dan berdampak pada perbaikan karakter dalam kehidupannya.Penulisan artikel ini bertujuan mengetahui peranan nilai-nilai karya sastra dalam memperkuat karakter siswa. Kemudian, artikel ini disusun berdasarkan studi literatur terhadap teori-teori yang relevan serta studi literatur terhadap kajian- kajian hasil penelitian yang termuat dalam artikel maupun jurnal hasil penelitian.metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif.
Kata kunci: Pendidikan karakter, penanaman nilai, karya sastra.