Penguatan Pendidikan Karakter Bebasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal di Sekolah Dasar
Abstract
Latar belakang yang menjadi landasan penelitian ini yaitu agar mampu menguatkan lima nilai utama karakter, yakni nilai religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana transformasi nilai-nilai lokal dalam pendidikan karakter di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk mengeksplorasi fenomena yang terlihat secara alami. Subjek peneliti ini adalah siswa sekolah dasar. Dalam penguatan pendidikan karakter di sekolah dasar dapat dilakukan melalui pendidikan budaya berkearifan lokal. Budaya kearifan lokal perlu dikenalkan dan diajarkan di sekolah dasar agar menumbuhkan sikap cinta budaya. Para siswa saat ini kurang memiliki sikap peduli dan mencintai budaya. Untuk itu, penelitian berikut menjelaskan bagaimana mengimplementasikan pendidikan karakter berbasis kearifan lokal.
Kata kunci: Kearifan lokal nilai pendidikan karakter penguatan karakter.