Penerapan Literasi Numerasi Dalam Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Anggra Oktaviani Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Wahyu Arif Gunawan Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Prabawati Nurhabibah Universitas Muhammadiyah Cirebon

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan literasi numerasi dalam pembelajaran siswa sekolah dasar. Objek penelitian ini adalah literasi numerasi. Sedangkan subjek penelitiannya yaitu siswa sekolah dasar. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan mencari jurnal-jurnal melalui media online seperti perpustakaan online, internet dan juga Google Scholar. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa literasi berhitung dalam pembelajaran siswa di sekolah dasar cukup efektif untuk diterapkan melalui stimulus siswa. Misalnya dengan menyelenggarakan pembelajaran berbasis literasi berhitung, dan juga menumbuhkan pengalaman belajar yang menyenangkan serta merangsang imajinasi. Kegiatan literasi bersifat menyenangkan dan menantang dalam mengembangkan potensi anak. Potensi anak dikembangkan merujuk kepada tingkat perkembangan anak. Perlu kita ketahui bahwa budaya literasi di Indonesia menjadi persoalan yang sangat menarik untuk diperbincangkan. Mengingat budaya literasi di Indonesia masih rendah, belum membudaya dikalangan masyarakat. Ditengah melesatnya budaya populer, buku tidak pernah lagi menjadi prioritas utama. Bahkan masyarakat lebih mudah menyerap budaya berbicara dan mendengar, daripada membaca. Berdasarkan hal itu, salah satu bentuk solusi dalam menanggapi permasalahan tersebut yaitu dengan adanya Gerakan Literasi Sekolah adalah dalam bentuk literasi numerasi. Literasi numerasi adalah pengetahuan dan kecakapan menggunakan berbagai angka dan simbol untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari lalu menganalisisnya dalam berbagai bentuk, menginterpretasi hasil analisis untuk memprediksi dan mengambil keputusan. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif.

Kata Kunci: Literasi, numerasi, siswa, pembelajaran.

Author Biography

Wahyu Arif Gunawan, Universitas Muhammadiyah Cirebon

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan literasi numerasi dalam pembelajaran siswa sekolah dasar. Objek penelitian ini adalah literasi numerasi. Sedangkan subjek penelitiannya yaitu siswa sekolah dasar. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan mencari jurnal-jurnal melalui media online seperti perpustakaan online, internet dan juga Google Scholar. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa literasi berhitung dalam pembelajaran siswa di sekolah dasar cukup efektif untuk diterapkan melalui stimulus siswa. Misalnya dengan menyelenggarakan pembelajaran berbasis literasi berhitung, dan juga menumbuhkan pengalaman belajar yang menyenangkan serta merangsang imajinasi. Kegiatan literasi bersifat menyenangkan dan menantang dalam mengembangkan potensi anak. Potensi anak dikembangkan merujuk kepada tingkat perkembangan anak. Perlu kita ketahui bahwa budaya literasi di Indonesia menjadi persoalan yang sangat menarik untuk diperbincangkan. Mengingat budaya literasi di Indonesia masih rendah, belum membudaya dikalangan masyarakat. Ditengah melesatnya budaya populer, buku tidak pernah lagi menjadi prioritas utama. Bahkan masyarakat lebih mudah menyerap budaya berbicara dan mendengar, daripada membaca. Berdasarkan hal itu, salah satu bentuk solusi dalam menanggapi permasalahan tersebut yaitu dengan adanya Gerakan Literasi Sekolah adalah dalam bentuk literasi numerasi. Literasi numerasi adalah pengetahuan dan kecakapan menggunakan berbagai angka dan simbol untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari lalu menganalisisnya dalam berbagai bentuk, menginterpretasi hasil analisis untuk memprediksi dan mengambil keputusan. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif.

Kata Kunci: Literasi, numerasi, siswa, pembelajaran.

Downloads

Published

2022-12-15