Penerapan Literasi Numerasi Terhadap Peserta Didik di SDN Sunyaragi 1 Kota Cirebon
Abstract
Budaya literasi di Indonesia kini masih menjadi persoalan umum karena literasi masih sangat rendah dan belum membudaya dikalangan masyarakat. Masyarakat lebih mudah menyerap budaya berbicara dan mendengar. Maka dari itu sekolah berupaya untuk menerapkan kegiatan literasi, terutama pada literasi numerasi terhadap peserta didik untuk mengembangkan budaya literasi tersebut. Kemampuan literasi numerasi ini dipengaruhi oleh banyak hal, seperti kemampuan pemecahan masalah matematika maupun kemampuan literasi peserta didik. Adapun kemampuan pemecahan masalah matematika juga dipengaruhi oleh kecemasan matematika peserta didik, maka kegiatan literasi harus dilakukan dengan sifat menyenangkan dan menantang dalam mengembangkan potensi anak agar mampu menerapkan budaya literasi. Literasi numerasi merupakan keterampilan memahami dan menerapkan konsep matematika berupa simbol dan angka-angka dalam kehidupan sehari-hari. Penerapan literasi numerasi terhadap peserta didik bertujuan agar peserta didik memiliki pengetahuan dan kecakapan untuk memecahkan masalah praktis dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari utamanya yang berhubungan dengan matematika. Dalam penerapan literasi numerasi yang ditanamkan kepada peserta didik melalui penerapan hafalan perkalian yang merupakan dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari dan memang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan manusia. Kehidupan manusia pasti selalu berhubungan dengan perhitungan, untuk itu diterapkanlah literasi numerasi ini. Penelitian ini adalah penelitian dengan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan dan meningkatkan budaya literasi numerasi bagi peserta didik di SDN Sunyaragi 1 Kota Cirebon.
Kata kunci: Matematika, literasi, numerasi, peserta didik, dan pembelajaran