Pengembangan Kompetensi Guru Dalam Mempersiapkan Adaptasi Kurikulum Merdeka
Abstract
Kurikulum merupakan pendidikan yang harus dievaluasi secara inovatif, dinamis, dan berkala sesuai dengan perkembangan zaman dan IPTEK, khususnya yang setara dengan tuntutan kompetensi yang diperlukan oleh masyarakat dan pengguna lulusan. Dengan demikian perubahan kurikulum menjadi sebuah keharusan. Bahkan, perkembangan IPTEK yang sangat cepat tidak lagi memungkinkan dunia Pendidikan berlama-lama dengan “zona nyaman” kurikulum yang berlaku. Penelitian ini dilakukan di SDIT Muhammadiyah Permata Harjamukti dengan menggunakan metode Penelitian Evaluasi. Penelitian evaluasi dilakukan untuk mengetahui seberapa jauh rencana pelaksanaan suatu perencanaan atau seberapa jauh tujuan tercapai. Dengan demikian, hasil dari penelitian evaluasi ini dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk meningkatkan kualitas perumusan, implementasi, maupun hasil dari suatu proyek, kebijakan, dan program.
Kata kunci: Kurikulum, Merdeka Belajar, Kompetensi Guru