Analisis Kemampuan Guru Dalam Memanfaatkan Media Audio Visual Pada Pembelajaran IPA Siklus Air dan Peristiwa Alam di SDN 2 Sendang
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana kemampuan guru dalam memanfaatkan Media Audio Visual sebagai pembelajaran IPA di kelas V SDN 2 Sendang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, peneliti turun langsung ke lapangan untuk melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa: 1) Kemampuan guru dalam menggunakan media audio visual sebagai pembelajaran, 2) Siswa lebih tertarik untuk mengikuti pembelajaran menggunakan media audio visual sehingga dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang proses siklus air dan peristiwa alam. Sekolah menghadapi sejumlah kendala dalam menggunakan media audio visual, antara lain kurangnya kemampuan guru dalam menggunakan teknologi dan masih terbatasnya perangakt pendukung seperti proyektor dan laptop. Sementara itu, upaya dilakukan untuk mengatasi kendala Guru harus memiliki kesempatan untuk mempelajari hal-hal baru tentang media pembelajaran sebagai hasil dari pelatihan yang mereka terima.
Kata Kunci: Guru, Media Audio Visual, Pembelajaran IPA