Pelaksanaan Literasi Digital di SDN 4 Kenanga

Authors

  • Abid Rifqi Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Lulu Fatimah Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Susilawati Susilawati Universitas Muhammadiyah Cirebon

Abstract

literasi digital berperan sebagai pengembang materi pelajaran yang mendorong rasa ingin tahu dan kreativitas yang dimiliki oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan literasi baca-tulis dan literasi digital di SDN 4 Kenanga dan perbandingan efektivitasnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Implementasi hasil dari kegiatan yang dilaksanakan untuk dapat memberikan memahami literasi dalam menghadapi pembelajaran di era sekarang. Kegiatan ini dilaksanakan pada Sekolah Dasar. Proses pembelajaran di era mengharuskan guru untuk mampu memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran dan mampu pembelajaran sehingga menciptakan pembelajaran yang interaktif dan menarik. literasi siswa sekolah dasar di era sekarang butuh adanya literasi digital. Untuk mempermudah pembelajaran pada siswa dalam pelaksanaan pembelajaran ,Pelaksanaan kegiatan literasi digital dilaksanakan pada hari senin dan selasa sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai. Kegiatan tersebut melewati tiga tahap pelaksanaan antara lain: pembiasaan; pengembangan; dan pembelajaran. Adapun yang membedakan dari kegiatan literasi digital dengan literasi baca tulis yaitu sumber bacaan yang digunakan.antara lain literasi digital menggunakan metode pembelajaran menggunakan media infokus dan laptop hp dll. sehingga siswa bisa mudah dipahami dari pembelajaran tersebut.

Kata kunci : literasi digital, siswa, menarik.

Downloads

Published

2022-12-15