Peranan TIK di Sekolah Dasar Pembelajaran Abad 21

Authors

  • Dina Nurhayani Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Ghinita Rahmawati Firdaus Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Armandho Maulana Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Dewi Yulianawati Universitas Muhammadiyah Cirebon

Abstract

Pemerintah mengarahkan setiap sekolah untuk mengaplikasikan TIK dalam semua mata pelajaran, baik dari tingkat sekolah dasar sampai sekolah menengah. Hal ini disebabkan karena kebijakan Kurikulum 2013 bahwa TIK harus terintegrasi dalam semua mata pelajaran dalam bentuk sumber dan media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mutu pembelajaran berbasis TIK pada abad 21 di tingkat sekolah dasar. Jenis pendekatan yang dipakai adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan metode studi pustaka. Fokus utamanya telaah mengenai pembelajaran berbasis TIK di sekolah dasar. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis TIK dapat menunjang proses pembelajaran yang berlangsung, sehingga dapat menjadi solusi untuk proses KBM yang monoton serta dapat meningkatkan profesionalisme guru, meningkatkan kreativitas dan efisiensi manajemen dan administrasi pembelajaran di kelas, namun terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dari sarana dan prasarana yang terdapat di tiap- tiap sekolah juga kemampuan guru dalam menguasai teknologi.

Kata Kunci: Teknik Informasi dan Teknologi, Abad 21, Sekolah Dasar

Downloads

Published

2022-12-15